Peringati Tahun Baru Hijriah, Umat Muslim Diajak Evaluasi Diri dan Peka Terhadap Sosial

Bagikan Bagikan
Foto bersama usai doa dan dzikir virtual (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Menyambut  tahun baru Islam, 1 Muharram 1443 Hijriyah, umat Muslim Mimika diajak untuk evaluasi diri dan lebih peka terhadap kehidupan sosial.

Ajakan ini disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Mimika, Muhammad Amin dalam momen doa dan dzikir secara virtual yang dipimpin Habib Helmi Bin Khalid Al Kaff di Masjid Darussalam, Selasa (10/8/2021).

Diingatkan bahwa melakukan muhasabah atau evaluasi diri adalah sebagai cara menyambut tahun baru. Selain itu, juga diajak untuk lebih peka sosial dengan  memberikan bantuan kepada sesama yang secara ekonomi terdampak pandemi covid-19.

“Introspeksilah dirimu sebelum nantinya dihisab oleh Allah SWT. Muhasabah diri itu melihat kekurangan dalam diri untuk diperbaiki di masa-masa yang akan datang. Betapa meruginya hidup di dunia tanpa persiapan dan mengevaluasi diri,” katanya.

Selain itu, menurut dia, menyambut tahun baru 1443 H,  umat Islam harus berpuasa sunnah satu hari pada 9, 10, atau 11 Muharram agar kesehatan bisa terjaga dan dijauhkan dari covid-19.

Doa dan dzikir bersama secara virtual ini dihadiri Assisten II Setda Mimika, Syahrial, yang mana Ia berharap, penyelenggaraan peringatan tahun baru Islam 1443 H ini tidak sebatas pada kegiatan seremonial, tapi seluruh umat dapat mengingat hakikat kehidupan dunia yang hanya sementara.

Umat  Muslim Mimika diingatkan agar tetap menerapkan Prokes, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan ikut vaksinasi.

"Perjalanan waktu yang terus berputar hendaknya digunakan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, baik untuk kehidupan dunia maupun akhirat. Sampai saat ini negara dan bangsa masih dihadapkan dengan pandemi covid-19, untuk itu marilah kita semua di momen ini bermohon kepada Allah, agar pandemi ini segera berakhir," tutur Syahrial. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar