Rayakan HUT RI Ke-76, Sekolah Asrama Taruna Papua ‘Mengejar Kemajuan Untuk Merdeka Belajar’

Bagikan Bagikan

 

Peringatan HUT RI ke-76 di Sekolah Asrama Taruna Papua, Timika, pada Selasa (17/8/2021) (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Puncak perayaan HUT Republik Indonesia (RI) ke-76 bertema "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh" di lingkungan Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) Timika ditandai dengan Upacara Bendera bersama seluruh civitas akademika SATP, Selasa, 17 Agustus 2021.

Dalam rilis yang diterima Salam Papua, Kamis (19/8/2021), kegiatan ini berlangsung dengan sangat khidmat, lancar, penuh semangat dan harapan Merdeka Belajar bagi generasi emas Tanah Amungsa Bumi Kamoro. SATP adalah sekolah yang menjalankan model pendidikan berpola asrama (Boarding school based management).

Bertindak sebagai Pembina Upacara yaitu Kepala Perwakilan Yayasan Pendidikan Lokon-SATP Timika, Andreas Ndityomas, dan sebagai Pemimpin Upacara adalah Siswa Kelas 9C, Melkior Nawaripi.

Adapun Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) berasal dari siswa-siswi SMP SATP dengan komandan regunya merupakan siswa SD Kelas VI, Jackson.

Upacara dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Selama masa pandemi covid-19, siswa-siswi SATP menjalankan karantina di lingkungan asrama dan sekolah.

Dalam sambutan upacaranya, Andreas Ndityomas mengatakan tantangan yang dihadapi dunia saat ini diakibatkan oleh pandemi Covid-19, tidak menyurutkan komitmen dan semangat segenap karyawan, guru, dan anak-anak untuk tetap menjalankan proses belajar dan mengajar untuk mengejar kemajuan bagi generasi emas Amungme, Kamoro dan Lima Suku Kekerabatan yang berada di wilayah sekitar operasi penambangan PTFI di Kabupaten Mimika, Papua, Indonesia.

Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) adalah salah satu mitra PTFI yang menjalankan program pendidikan yang didanai oleh dana kemitraan dari PT. Freeport Indonesia (PTFI). YPMAK hadir dengan komitmen penuh secara terus-menerus mendukung operasional SATP dan menjaga mutu pendidikan bagi seluruh siswa.

"Merdeka Belajar bagi anak-anak kami yang berasal dari suku Amungme, Kamoro, Papua menjadi contoh konkrit dalam pengelolaan Boarding School Based Management dengan Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal. Dua tahun lebih kita telah mengimplementasikan dan mempraktikkannya di SATP. Kami telah menyediakan modul-modul yang relevan yang mengintegrasikan kearifan lokal, berbasis teknologi internet Microsoft Office 365 untuk mengantar anak-anak ini mengikuti pendidikan dasar dengan metode pengajaran berbasis karakter yang kuat," kata Andreas.

Harapan ‘merdeka belajar’ juga disampaikan Kepala Sekolah SATP, Johana Tnunay. Ia mengatakan, dengan semangat kemerdekaan RI Ke-76, para siswa yang dididik dan dibina di SATP menjadi generasi yang mampu bersaing secara global dan kelak memiliki etos kerja yang kompetitif.

"Meski secara umum proses belajar mengajar tidak berlangsung seperti biasanya, namun SATP yang dimiliki YPMAK dan di bawah naungan pengelola YPL mampu beradaptasi dengan kondisi pandemi dan konsep merdeka belajar sudah terlaksana di SATP," ujar Johana.


Saling Jaga di Masa Pandemi

Di tengah pandemi covid-19 yang masih menjadi tantangan dunia, SATP pun turut mewaspadai hal ini dengan terus menjaga ketat protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Puncak Kegiatan HUT RI ke-76.

Sebelum melaksanakan kegiatan HUT RI ke-76 di lingkungan sekolah, para karyawan dan guru yang tinggal di dalam lingkungan SATP telah menjalankan tes covid-19 dengan tes Genose dan swab antigen di Klinik SATP, Senin 16 Agustus 2021.

Bagi yang tinggal di di luar lingkungan SATP menjalani tes yang sama pada tanggal 17 Agustus. Prokes standar lainnya dijalankan selama mengikuti upacara. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan seluruh civitas SATP.

Pihak SATP rutin melakukan tes kesehatan secara berkala di lingkungan SATP demi Zero Covid-19, mengingat keselamatan sekitar seribuan siswa menjadi prioritas utama dalam proses belajar mengajar di tengah pandemi ini.

Kegiatan Lomba Dalam Rangka HUT RI ke-76 di Lingkungan SATP

Setelah mengikuti Upacara Bendera selama kurang lebih satu jam, kegiatan pun ditutup dengan pengumuman pemenang berbagai lomba edukasi yang diadakan panitia. Para siswa yang berhasil menjadi juara menerima apresiasi atau hadiah atas semangat dan motivasi mereka dalam berbagai lomba yang diadakan selama rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI ke-76 di lingkungan SATP sejak 13 Agustus 2021 lalu.

Adapun lomba-lomba edukasi yang diadakan, yaitu lomba pidato, membaca puisi, presenter, paduan suara, yel-yel terbaik hingga gerak jalan.

Peringatan hari kemerdekaan ini mungkin bisa berakhir dalam satu hari, namun optimisme dan semangat juang menguatkan tekad mewujudkan Indonesia berdaya untuk Indonesia Tangguh dan terus Bertumbuh melalui proses Merdeka Belajar untuk tujuan mulia, melihat generasi Emas Amungme-Kamoro dan Lima Suku Kerabat menjadi tuan di rumahnya sendiri. (JR)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar