Satpol PP Mimika Terus Pantau dan Awasi Izin Galian C

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Mimika, Paulus Dumais (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Pihak Dinas Satpol PP Kabupaten Mimika terus memantau dan mengawasi izin galian C.

Menurut Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Mimika, Paulus Dumais, jika ada pemilik usaha galian C tidak memiliki izin maka Satpol PP akan menutup usaha itu dan tidak boleh lagi melakukan penggalian.

“Kalau ada yang lalai dalam urusan izin kita tutup galian dan alat beratnya disita,” kata Paulus saat ditemui Salam Papua di Bilangan Cenderawasih, SP2, Timika, Papua, Rabu (18/8/2021).

Dia mengatakan, untuk pengusaha galian C yang bandel akan diproses secara hukum sesuai dengan Undang-undang yang berlaku di Negara ini.

Seperti pengusaha galian C dekat jembatan Selamat Datang di SP2 dan di SP3. Saat ini pihaknya sudah melaporkan kedua pihak itu di polisi.

“Jadi proses hukum sudah mulai jalan, bukan kita lagi yang pergi tutup tapi ditindak sesuai hukum yang berlaku. Jadi nanti mereka dipanggil, apabila mereka salah ditindak sesuai Undang-undang kerusakan lingkungan bukan Peraturan Bupati lagi,” ucapnya.

Ia menegaskan, di kali pindah-pindah tidak boleh lagi dilakukan penggalian material karena di wilayah itu merupakan daerah resapan.

“Karena itu sesuai dengan tata ruang, daerah itu merupakan daerah resapan dan tidak boleh dirusak. Karena jika terjadi banjir mempengaruhi air tanah karena terjadi penggalian material di situ dan akan merusak lingkungan di sekitarnya,” kata mantan Sekwan DPRD Mimika ini. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar