pemerintah kabupaten mimika

Translate

6 Personel Polda Papua Ditugaskan Lindungi PBB di Republik Afrika Tengah

Bagikan Bagikan
Enam putra-putri terbaik Polda Papua yang diutus ke Republik Afrika Tengah (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Luar biasa... enam personel Polda Papua ditugaskan sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian dengan tugas pokok melindungi personel PBB dan aset-aset PBB, melindungi warga sipil, serta membantu dan mendukung otoritas Polisi lokal dalam melaksanakan tugas Kepolisian di Republik Afrika Tengah.

Satu di antaranya merupakan Polwan bernama Briptu F. Mariana Rahayaan dari Polres Merauke. Sedangkan lima lainnya ialah Brigpol Mus Alan Bentrai dari Polres Jayawijaya, Brigpol Joko Riyono Asnan dari Ditsamapta Polda Papua, Briptu Pradipta Arminanto, Brigpol Djoko Aris Wibowo dan Brigpol Raka Ustana dari Satbrimob Polda Papua.

Keenam putra-putri terbaik itu tergabung dalam Satuan Tugas Garuda Bhayangkara FPU (Formed Police Unit) 2 MINUSCA (United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission In The Central Africa Republic).

"Sungguh suatu kebanggaan bagi kami. Dari enam personel kita, satu adalah seorang Polwan dari Polres Merauke," kata salah satu dari enam personel tersebut dalam rilis yang diterima Salam Papua, Minggu (5/9/2021) sore.

Dikatakannya, 6 personel ini terpilih berangkat setelah melewati proses seleksi yang sengit dan ketat karena harus bersaing dengan personel Polri dari Sabang sampai Merauke.

Seleksi yang dilaksanakan meliputi tes Kesehatan, kesamaptaan jasmani, psikologi, bahasa Inggris, bahasa perancis dan menembak.

Setelah proses seleksi, para personel masih harus melaksanakan latihan pra penugasan (Latpragas) selama kurang lebih 6 bulan. Selama Latpragas mereka dibekali dengan materi kemampuan taktis maupun Bahasa Asing terutama bahasa Perancis karena di Republik Afrika Tengah menggunakan bahasa Perancis.

Setelah melewati tahapan yang sangat panjang, personel terbaik itu berangkat ke daerah misi di Bangui Republik Afrika Tengah pada Sabtu kemarin.

"Selama bertugas di Bangui banyak pengalaman dan tantangan baru yang didapatkan, tentunya yang tidak pernah bisa mereka temui apabila bertugas di Tanah Air, salah satunya adalah UN (United Nations) Medal," ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Mustofa Kamal dalam rilisnya, Minggu (5/9/2021).

UN Medal ialah medali atau tanda kehormatan tertinggi yang diberikan oleh PBB kepada personel yang bertugas minimal setahun secara terus menerus di daerah misi, dalam hal ini misi PBB MINUSCA di Republik Afrika Tengah.

"Mari kita sama-sama doakan agar mereka dapat menyelesaikan misi dengan baik dan lancar serta kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat dan lengkap," harap Kamal. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar