Bupati Mimika Pastikan Pemekaran Provinsi Papua Tengah Terealisasi Tahun 2023

Bagikan Bagikan
Papan Nama Kantor Provinsi Papua Tengah telah terpampang di Kantor Bupati Mimika jalan Poros Kuala Kencana SP3 (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,S.E,M.H memastikan  pemekaran Provinsi Papua Tengah terealisasi tahun 2023 mendatang.

Hasil pertemuan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian beberapa waktu lalu di Jayapura, Omaleng mengaku bahwa Mendagri sampaikan ada 3 Provinsi yang akan dimekarkan, salah satunya adalah Provinsi Papua Tengah.

Bupati menyebutkan Mimika yang akan menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah, karena secara persiapan Mimika lebih siap. Kabupaten Nabire tidak bisa menjadi Ibu Kota Provinsi karena pertimbangan Nabire rawan terjadi gempa.

"Tahun 2022 segera dikeluarkan undang-undangnya. Pada tahun 2023 karakter Gubernur Provinsi Papua Tengah mulai diturunkan untuk mempersiapkan pemilihan Gubernur Papua Tengah Definitif, sekaligus pemilihan DPRP Papua Tengah dan DPRD Kota Madya yang akan dilakukan serentak pada tahun 2024," ujar Omaleng kepada wartawan.

Pemerintah Kabupaten Mimika juga segera menganggarkan pembentukan komisi pemilihan umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua Tengah.

Pemerintah Kabupaten Mimika mendapatkan tugas menyiapkan aset- aset yang berkaitan dengan persiapan Provinsi Papua Tengah, salah satunya lahan untuk pembangunan Kantor Gubernur.

Menurut Omaleng, Kantor pusat pemerintahan Kabupaten Mimika yang berlokasi di Jalan poros Kuala Kencana SP3 itu akan dihibahkan sebagai Kantor Gubernur Provinsi Papua Tengah.

"Intinya Pemekaran Provinsi Papua Tengah terealisasi tahun 2023 mendatang dan Mimika menjadi Ibu Kotanya," ujarnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar