pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

DPRD Mimika Periode 2019-2024 Kembali Berkantor Sesuai SK Gubernur Papua

Bagikan Bagikan
Petikan SK Gubernur Papua (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Anggota DPRD Mimika periode 2019-2024 kembali berkantor terhitung sejak tanggal 23 Agustus 2021 sesuai SK Gubernur Provinsi Papua.

Wakil Ketua I DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme mengaku bahwa SK dari Gubernur telah diterimanya yang memerintahkan agar anggota DPRD periode 2019-2024 kembali menjalankan aktivitasnya.

SK itu diserahkan sesuai etika pemerintahan, sehingga dari Provinsi diserahkan kepada Sekda Pemkab Mimika untuk kemudian diserahkan Bupati Mimika ke DPRD. Dengan adanya SK itu menjadi legalitas DPRD periode 2019-2024.

“Hari ini kami sudah masuk kembali dan jalani tugas kami seperti biasa. Sebenarnya sudah sejak tanggal 23 Agustus sesuai SK Gubernur, tapi karena adanya situasi tertentu, makanya kami mulai masuk hari ini. Untuk persoalan SK itu, kalaupun tidak diserahkan Bupati ke DPRD itu tidak ada masalah,” ungkapnya, Senin (27/9/2021).

Dijelaskan bahwa dalam SK itu tidak lagi ada perintah untuk dilakukan pelantikan ulang. Namun, hanya SK lama itu dibatalkan demi hukum, kemudian diterbitkan SK baru. Hal ini berarti Pemerintah Provinsi melaksanakan putusan PTUN yaitu cabut, batal dan terbitkan SK baru. Dengan demikian, mengingat bunyinya cabut dan batal, maka secara otomatis SK nomor 155 gugur.

Setelah kurang lebih sebulan mandek, maka di hari pertama masuk, langsung dilakukan pertemuan terkait beberapa agenda ke depannya. Agenda-agenda itu tentunya disesuaikan dengan jadwal badan musyawarah (Bamus).

Agenda yang akan dilakukan termasuk PAW almarhum Luther Wakerwa, karena SK untuk penggantinya telah disiapkan partai Demokrat. Demikian juga untuk pemberhentian Almarhum Roby Kamaniel Omaleng dari jabatannya sebagai Ketua DPRD dan paripurna pergantiannya.

“Kalau memang Golkar sudah siap, maka paripurna pergantian Almarhum Ketua dan Almarhum Luther bisa dilakukan satu kali. Itu kita lakukan supaya alat kelengkapan dewan ini bisa lengkap untuk kita laksanakan tugas. Untuk SK demokrat sudah diserahkan dari biro hukum dan saya sudah serahkan ke bagian Sekwan dan telah berkoordinasi bersama ketua Partai Demokrat,” ujarnya. (Acik) 

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar