pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Dua Tersangka Korupsi Dana BOS SMA N 1 Timika Tidak Ditahan, Ini Penjelasan Kejari

Bagikan Bagikan
Kasi Pidsus Kejari Timika, Donny S Umbora (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) – Belakangan ini, masyarakat Mimika yang mengikuti perkembangan kasus korupsi dana BOS dan BOP OAP tahun anggaran 2019 di SMAN 1 Timika merasa heran dan bertanya-tanya mengapa dua orang terduga tersangka tidak ditahan.

Warga mengaku kerap menjumpai SB dan MA yang diketahui sebagai terduga tersangka di Timika. Padahal, kejaksaan negeri Timika telah menetapkan keduanya menjadi tersangka.

Kasi Pidsus Kejari Timika, Doni S Umbura mengatakan bahwa dua tersangka memang tidak ditahan lantaran dipandang sangat kooperatif, telah mengembalikan uang. Kejari juga merasa tidak perlu melakukan penahanan, tetapi ketika nantinya berpindah ke Pengadilan, maka hakim bisa berpendapat lain.

“Intinya penahanan itu untuk mempermudah penyidikan, tapi karena dua tersangka tidak mempersulit dan kooperatif, maka tidak ditahan. Untuk P21 kemungkinan hari ini atau besok. Berarti kita tinggal limpahkan dua tersangka ke pengadilan di Jayapura dan kemungkinan setelah pelaksanaan PON XX,” kata Doni, Kamis (30/9/2021).

Uang dugaan korupsi yang telah dikembalikan tanggal 25 Agustus 2021 sebesar Rp 516.918.025. Uang tersebut dititipkan di rekening barang bukti (RBL) BNI berdasarkan kerjasama dengan Kejaksaan Agung. Rekening RBL itu bukan rekening giro, sehingga tidak berbunga.

“Kasus ini sudah tahap satu ke Jaksa peneliti dan berdasarkan informasi, mereka sudah lakukan penelitian. Berarti nanti kami tinggal terbitkan P21,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar