Jelang PON XX, Disperindag Mimika Lakukan Tera Ulang Alat Ukur

Bagikan Bagikan
Petugas Disperindag Mimika saat melalukan Tera Ulang Alat UTTP pedagang di Pasar Sentral (Foto: SAPA/ Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Menjelang pelaksanaan pekan olahraga Nasional (PON) XX Papua, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika melakukan Tera Ulang Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP), di pasar sentral, Rabu (8/9/2021).

Kepala Disperindag Mimika, Petrus Pali Amba menerangkan tera ulang tersebut bertujuan untuk memeriksa alat ukur, takar dan timbang milik para pelaku usaha yang ada di Mimika termasuk di pasar-pasar.

"Manfaat dari tera ulang untuk melindungi kepentingan umum dalam hal kebenaran terhadap alat ukur, takar dan timbangan yang ada," kata Petrus.

Petrus menegaskan, jika para pengusaha terbukti melakukan kecurangan terhadap alat ukur, takar dan timbangnya maka pihaknya akan memberikan teguran kepada pengusaha tersebut.

"Sampai saat ini belum pernah ada ditemukan kecurangan, tapi kami tetap akan melakukan penindakan jika ada laporan dari masyarakat. Masih banyak pengusaha juga yang belum mengerti makanya kita sambil sosialisasi juga untuk memberikan pemahaman terhadap manfaat dari tera ulang," tuturnya.

Menurutnya, tera ulang sangat berpengaruh dalam dunia perdagangan, oleh karena itu perlu adanya jaminan dalam kebenaran pengukuran, serta adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standar satuan, metode pengukuran alat-alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar