Jelang PON XX Papua, 100 UMKM di Timika Ikut Pelatihan

Bagikan Bagikan
Suasana pembukaan kegiatan pelatihan UMKM di Timika (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, sebanyak 100 kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Timika mengikuti pelatihan yang digelar Bidang Sosial Ekonomi Sub PB PON XX Papua 2021 Klaster Mimika.

100 kelompok usaha tersebut terdiri dari 47 kelompok UMKM berbasis kuliner dan 53 kelompok UMKM berbasis non kuliner mengikuti pelatihan di Hotel Cenderawasih 66, Jalan Cenderawasih, Timika Papua, Rabu (8/9/2021) sampai Jumat (10/9/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng itu menghadirkan pemateri dari Koordinator Sosial Ekonomi PB PON Provinsi Papua, Bank Indonesia Provinsi Papua, Bank Indonesia Jayapura, BNI 46 Kantor Wilayah Jayapura dan dari kalangan Akademisi STIE Ottow Geissler Jayapura.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengatakan UMKM memegang peranan penting sebagai sektor yang potensial dan menjaga stabilitas perekonomian.

Mengingat peran UMKM mempunyai keterlibatan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat atau hajat hidup orang banyak sehingga UMKM dianggap sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

UMKM juga merupakan kelompok pelaku ekonomi dalam perekonomian Indonesia telah terbukti menjadi kunci pengaman perekonomian nasional dalam masa krisis ekonomi.

“Upaya pengembangan dan pemberdayaan UMKM dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta, bank dan lembaga swadaya masyarakat. Hal ini dilatarbelakangi oleh besarnya potensi yang perlu di indentifikasi sebagai motor penggerak perekonomian nasional,” ujarnya.

Menurutnya, permasalahan klasik untuk UMKM selain keterbatasan modal usaha namun juga keterampilan para pengrajin yang belum maksimal, untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Mimika ia berterima kasih dan mendukung pelaksanaan kegiatan pelatihan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pengrajin lokal yang ada di Timika.

Kegiatan ini menjadi wadah untuk memperoleh informasi tentang tata cara memunculkan usaha baru ataupun meningkatkan mutu dan kualitas penduduk bagi pelaku UMKM yang akan atau telah memulai usahanya.

“Kabupaten Mimika memiliki sumber daya alam yang cukup besar, salah satunya adalah sumber daya alam yang dapat diolah menjadi makanan minuman dan kerajinan seperti noken dan anyaman. Pengelolaan makanan minuman dan produk kerajinan yang dikelola oleh para pelaku UMKM adalah penggerak roda pertumbuhan ekonomi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Mimika,” ujar Omaleng.

Omaleng menyebutkan hanya tinggal menghitung hari pelaksanaan PON ke-XX Papua tahun 2021 akan dilaksanakan di Kabupaten Mimika, sebagai salah satu tuan rumah telah mempersiapkan sarana dan prasarana dalam menyukseskan PON XX tahun 2021.

“Pemerintah daerah berharap dengan terselenggaranya PON di Kabupaten Mimika dapat memberikan dampak yang positif dengan keterlibatan atau memberdayakan masyarakat khususnya orang asli Papua, memberdayakan masyarakat untuk terlibat dalam peningkatan ekonomi UMKM guna kesejahteraan masyarakat,” sebut Omaleng.

Selanjutnya, dia berharap agar  peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan positif sehingga nantinya peserta setelah mengikuti kegiatan ini, ilmu yang diperoleh sebagai langkah awal untuk dapat bersaing di pasar. 

“Semoga dapat membantu peningkatan kesejahteraan keluarga,” pesan Omaleng.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Umum Sub PB PON Klaster Mimika, Cesar Avianto Tunya, Ketua Harian Sub PB PON Klaster Timika, Marthen Paiding, Sekda Mimika, Michael Gomar, Koordinator Bidang Sosial Ekonomi Sub PB PON XX Papua Klaster Mimika, Dwi Cholifa dan tamu undangan lainnya. (Yosefina)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar