Translate

Kapolres Mimika Pimpin Apel Gelar Pasukan Awali Operasi Pengamanan PON Papua Klaster Timika

Bagikan Bagikan

Apel gelar pasukan di lapangan Timika Indah. (Foto-SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA)
- Kapolres Mimika, I Gusti G Era Adhinata didampingi Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya memimpil apel gelar pasukan mengawali operasi pengamanan PON XX Papua, Klaster Timika. 

Apel yang dilaksanakan di Lapangan Timika Indah, Mimika, Papua, Sabtu (18/9/2021) diikuti aparat TNI, Polri, Personel Dinas Satpol PP Kabupaten Mimika dan Kantor SAR Timika, pihak organisai masyarakat (Ormas), dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Mimika. 

Pada kesempatan itu Kapolres Mimika, AKBP I Gusti G Era Adhinata mengatakan gelar apel pasukan itu dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan personel, peralatan dan sarana prasarana pendukung. 

Sebanyak 997 Personel Polri, 485 Personel TNI yang kemudian bergabung bersama Personel Dinas Satpol PP, Kantor SAR Timika,  Ormas-Ormas dan KNPI. 

Namun kekuatan personel gabungan itu tidak akan ada artinya tanpa ada bantuan masyarakat, sehingga sangat dibutuhkan peran serta masyarakat agar tidak hanya tercipta keamanan tetapi kenyamanan dan hikmad pelaksanaan PON. 

“Kita akan mendukung Pemkab Mimika menjadikan PON ke di tanah Amungsa berjalan dengan aman dan tertib,” katanya. 

Dikatakan akan dilakukan latihan pra operasi yang kemudian  menentukan titik operasi. 

Nantinya ada 10 titik yang menjadi mobilitas pengamanan di kota Timika, dan setiap venue, atlet, tempat penginapan serta pertandingannya akan diamankan. 

Semua pengamanan itu mempunyai SOP masing-masing sehingga harus diatur, mengingat tamu PON ini baru pertama kali datang ke Timika. 

“Intinya semua akan kita antisipasi. Kita tahu Timika seperti apa, makanya sekecil apapun gangguannya  harus segera diselesaikan dengan cara semua tim bisa merespon semua informasi atau kejadian yang ada agar tidak membias,” ujarnya. 

Ia menyebutkan Pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) Brimob Nusantara dari berbagai daerah mulai  berdatangam di Timika untuk mengamankan PON. 

“Sebagian sudah tiba di Timika. Nanti yang lainnya juga berkelanjutan akan datang di Timika,” katanya. 

Sementara itu amanat Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri yang dibacakan Kapolres Mimika, diharapkan agar pelaksanaan PON di Timika bisa berjalan aman, tertib dan penuh hikmad. 

Penyelenggaraan PON ini tentunya bukan hanya penyelenggaraan pesta olahraga, tapi mempunyai kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Papua. 

Sehingga pelaksanaan PON XX ini disertai dengan peningkatan masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan setiap cabang olahraga (Cabor). 

“Aktivitas masyarakat ini ternyata mempunyai implikasi terhadap arus pergerakan orang, mobilitas transportasi serta peningkatan keamanan di seluruh area venue, baik pada saat PON berlangsung ataupun setelah PON selesai,” baca Kapolres. 

Sementara itu Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya mengatakan penyelenggaraan PON XX di Timika mempertaruhkan harga diri  masyarakat Mimika untuk bisa menyelenggarakan even nasional ini dengan baik. 

Ia mengajak semua masyarakat Mimika bersama-sama menunjukan kepada tamu yang datang, bahwa Mimika bisa menyelenggarakan kegiatan ini dengan aman dan nyaman. “Itu semua dibutuhkan peran serta masyarakat di Timika. Mari kita bersama-sama melaksanakan kegiatan ini dan kita sukseskan sehingga euforia yang ada, diimbangi dengan bagaimana nantinya apa yang diterima oleh saudara-saudara kita dari luar Papua untuk diceritakan kembali ke kampungnya masing-masing. Intinya soal kemanan dan kenyamanan itu tanggungjawab kita bersama,” tuturnya. 

Usai apel, Sekretaris Umum Sub PB PON Klaster Timika, Cesar Avianto Tunya menyampaikan terimakasih kepada aparat gabungan  sebagai bidang keamanan dalam kepanitiaan yang telah mempersiapkan bidangya. 

“Kami dari panitia menyampaikan terimakasih kepada Kapolres selaku koordinator bidang keamanan klaster Timika yang didampingi oleh Dandim. Ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa, sehingga tetap didukung oleh masyarakat,” tuturnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar