pon xx papua
badan pendapatan daerah
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Kirab Api PON XX di Mimika Disambut Meriah, Berikut Rutenya

Bagikan Bagikan
(Foto:Ilustrasi)

SAPA (TIMIKA) - Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan tiba di Kabupaten Mimika pada tanggal 28 September 2021 setelah bermalam di Biak.

Koordinator Bidang Upacara, Andre Titalei mengatakan bahwa kedatangan api PON akan disambut meriah oleh PB PON XX Papua Sub Mimika.

Panitia telah menyiapkan upacara penyambutan serta rute kirab api PON di Mimika, dan saat ini sudah capai 80 persen.

"Api PON akan diterima di Bandara Mozes Kilangin Timika pada tanggal 28 September 2021 sekitar pukul 11.20 WIT siang. Api PON kemudian dibawa menuju rumah negara di jalan SP3, di sana akan ada upacara penyerahan kepada pemerintah Kabupaten Mimika yang akan diterima langsung oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng juga selaku ketua Umum PB PON XX Papua Sub Mimika," terang Andre kepada Salam Papua, Rabu (22/9/2021).

Api PON XX Papua di Mimika rencananya akan dipegang oleh Yulius Uwe. Yulius merupakan Atlet Atletik legenda dari Kabupaten Mimika yang pernah meraih juara sea games XIV tahun 1967.

Sambung Andre, setelah dilakukan upacara di rumah negara, dilanjutkan dengan kirab Api PON XX Papua keliling Timika. Kirab Api PON XX Papua akan mengitari setiap venue.

"Titik awal Rute kirab api PON XX Papua di Timika dimulai dari Kuala Kencana menuju Venue Panjat Tebing, selanjutnya menuju Mimika Sports Compleks (MSC), venue Futsal, Venue Biliar. Setelah dari sana Kirab Api PON XX Papua dibawa menuju kota Timika melalui jalan Cendrawasih SP2, selanjutnya menuju jalan Yossudarso, jalan Hassanudin, jalan Budi Utomo, sampai Bundaran Timika Indah Belok kanan jalan Belibis menuju Pentas Seni di Lapangan eks pasar lama," terang Andre.

Setelah tiba di Lokasi Pentas Seni akan ada serimoni sebagai tanda telah berakhir Kirab Api PON XX Papua di Timika.

Api PON XX Papua kemudian dibawa kembali menuju Rumah Negara Sp3 dan bermalam di sana.

"Besoknya tanggal 29  akan dilakukan upacara pelepasan sebelum Api PON XX Papua akan dibawa ke Bandara Mozes Kilangin Timika untuk diantar ke Wamena," tutupnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar