Translate

Kirab Api PON XX Tiba di Mimika Tanggal 28 September

Bagikan Bagikan
Yunus Wonda (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Ketua Harian PB PON XX Papua, Yunus Wonda mengatakan, arak-arakan kirab Api PON XX akan dimulai pada tanggal 27 September 2021 mulai dari Kabupaten Sorong dan akan melewati 6 Kabupaten lain perwakilan wilayah adat di Papua.

Kabupaten Biak mewakili wilayah adat Saireri, Kabupaten Mimika mewakil wilayah adat Mee pago, Wamena mewakili wilayah adat La pago, Merauke mewakili wilayah adat  Anim Ha, dan Jayapura mewakili wilayah adat Tabi.

"Jadi di Kabupaten Biak akan bermalam di sana, selanjutnya Api PON dibawa menuju Kabupaten Mimika pada tanggal 28 September. Esok harinya tanggal 29 September akan bergeser menuju Kabupaten Wamena dan pada tanggal 30 bergerak menuju Kabupaten Merauke," jelas Yunus kepada wartawan di Timika, Senin 20/9/2021).

Api PON XX direncanakan tiba di Jayapura pada tanggal 1  Oktober.

"Tiba di Jayapura pada tanggal 1 Oktober langsung menuju Kota Jayapura dan pemerintah Kota Jayapura akan membawa keliling, kemudian Walikota akan menyerahkan kepada Gubernur sore hari dan tanggal 1 malam Gubernur bersama seluruh kontingen akan makan malam bersama di rumah negara," ungkapnya.

Selanjutnya pada tanggal 2 Oktober Gubernur kembali menyerahkan api PON kepada Walikota untuk diserahkan kepada Bupati Kabupaten Jayapura.

"Selanjutnya Bupati Jayapura bersama masyarakat membawa api PON XX keliling Kabupaten Jayapura melalui Danau menggunakan speed, dari ujung Danau akan diantar sampai di Khalkote sekitar jam 3 atau jam 4 sore, selanjutnya dibawa ke stadion Lukas Enembe dan kami akan menerima di sana untuk persiapan pembukaan PON XX Papua pada jam 7 malam," terangnya.

Opening PON XX Papua rencananya akan dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi.

"Kami belum dapat petunjuk pasti, tapi informasi terakhir yang kita terima bapak Presiden yang akan hadir dan membuka opening PON XX Papua di Jayapura," terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar