pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Kuala Kencana Milik Freeport Dipilih Sebagai Tempat Start Kirab Obor Api PON XX Papua 2021 di Mimika

Bagikan Bagikan
Pelepasan kirab api obor PON XX di Kuala Kencana oleh Ketua Umum PB PON XX Sub Mimika, Eltinus Omaleng,S.E,M.H (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Kota Kuala Kencana milik PT. Freeport Indonesia (PTFI) ditunjuk sebagai tempat start kirab obor api PON XX Papua tahun 2021 di Kabupaten Mimika, Selasa (28/9/2021).

Pantauan Salam Papua pukul 13.30 WIT, rombongan kirab obor api PON XX Papua tiba di halaman Kuala Kencana dan disambut perwakilan petinggi PTFI serta euforia warga Kuala Kencana hingga api PON XX dilepas Ketua Umum PB PON XX Sub Mimika, Eltinus Omaleng,SE,MH.

“Salam olahraga untuk semua warga Kuala kencana. Kita memilih Kuala Kencana sebagai start kibar api PON kita. Kita buktikan kepada semuanya bahwa kita di Mimika bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan PON XX. Ini membuktikan harapan kita terwujud,” ungkap Bupati Eltinus Omaleng di gerbang alun-alun Kuala Kencana.

Dijelaskan bahwa obor api PON akan diarak keluar dari Kuala Kencana dan keliling kota Timika serta berakhir di lapangan Pasar lama.

Omaleng mengungkapkan, api PON tersebut akan menyala dan berkobar sesuai semangat di Mimika dalam menyelenggarakan pesta olahraga nasional ini.

Vice President Security & Risk Management PTFI, Arief Nasuha menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Mimika dan PB PON XX Sub Mimika atas ditunjuknya Kuala Kencana sebagai titik start kirab api PON serta dipercayakan di Kuala Kencana sebagai salah satu venue untuk cabor Marathon dan jalan cepat pada tanggal 9 Oktober mendatang.

“Kami sangat bangga dengan ditunjuknya Kuala Kencana sebagai start kirab obor api PON dan menjadi venue marathon dan jalan cepat. Kami sangat berterimakasih. Yang kami harapkan semua penyelenggaraan cabor yang digelar di Timika dan di Papua umumnya bisa berlangsung dengan baik,” ujar Arief.

Inilah keunikan mengapa Kuala Kencana layak sebagai venue dan titik start kirab obor api PON XX Papua 2021.

Kuala Kencana merupakan kota terpadu yang meliputi kompleks perkantoran PT. Freeport Indonesia di wilayah dataran rendah, perumahan karyawan beserta fasilitas umum pendukungnya.

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 tercatat sebanyak 4.655 orang yang tinggal di Kota Kuala Kencana, sebagian besar adalah karyawan PT. Freeport Indonesia dan perusahaan-perusahan kontraktor beserta keluarganya.

Kompleks perumahan terbagi ke dalam 2 RW. RW-A terdiri dari 6 RT yang meliputi 400 rumah berukuran 54 m dan 72 m. RW-B terdiri dari 89 unit rumah berukuran 140 m, 36 unit apartemen town-house, 10 unit rumah eksekutif ukuran 160m2 dan 6 rumah eksekutif besar. Selain itu juga disediakan sebanyak 36 unit apartemen lajang.

Terdapat sekolah di Kota Kuala Kencana yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ). Putra-putri karyawan yang bersekolah di sini mulai dari pendidikan usia dini (toddler), taman kanak-kanak, sekolah dasar dan sekolah lanjutan pertama. Sekolah di Kuala Kencana mempunyai 33 ruang kelas dan dapat menampung 825 siswa.

Berdasarkan data terakhir (Agustus 2012) ada 1042 siswa TK, SD dan SMP di YPJ Kuala Kencana.

Sekolah Yayasan Pendidikan Jayawijaya ini menyediakan layanan pendidikan dari tingkat TK-SMP, dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia. Sekolah Internasional menyediakan layanan pendidikan berbahasa pengantar Bahasa Inggris untuk tingkat pra-sekolah hingga kelas 9, sekitar 20-30 siswa tercatat sebagai siswa setiap tahunnya.

Kota Kuala Kencana dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, meliputi sarana ibadah, klinik layanan kesehatan 24 jam (yang dikelola ISOS), dinas pemadam kebakaran dan penanggulangan keadaan darurat, pos-pos keamanan, pusat perbelanjaan, IPAL dan IPAB, kolam  renang, pusat kebugaran, lapangan tenis dan yang lainnya. Sarana rekreasi seperti gedung bioskop dan olahraga juga tersedia di kota ini.

Kota yang dikelilingi hutan nan sejuk ini dibangun berdasar Perda Prov Irja no. 21/1999 tentang Rencana Umum Tata Ruang Kota dengan luas wilayah  17.078 hektar, ditetapkan sebagai kawasan terbangun lebih kurang seluas 3.798 hektar.

Kota Kuala Kencana adalah bagian dari Distrik Kuala Kencana yang memiliki 6 kelurahan lain yaitu Iwaka, Naena Muktipura, Karang Senang, Mulia Kencana, Utikini Baru, dan Bhintuka. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar