Memeriahkan HUT ke 3, Yayasan Putra-Putri Papua Mandiri Mimika Gelar Lomba Seka, Yospan dan Fashion Show

Bagikan Bagikan

Firsa Lokobal (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Dalam rangka memeriahkan HUT ke 3 Yayasan Putra-Putri Papua Mandiri Mimika, Mambruk Models akan menggelar lomba tari Seka, Yospan dan fashion show.

Koordinator kegiatan lomba, Firsa Lokobal mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 20 September 2021 di gedung MPCC YPMK di Jalan Baru Timika dan difokuskan bagi anak usia 5 tahun serta remaja 17 tahun yang juga bergabung pada sanggar-sanggar seni dan tercatat sebagai pelajar di sekolah-sekolah.

“Yayasan Putra-Putri Papua Mandiri ini terbentuk tahun 2018. Yang selenggarakan lomba ini dari Mambruk Models. Kita fokuskan untuk anak-anak usia 5 tahun dan remaja 17 tahun dari sanggar dan sekolah. Untuk sekolah-sekolah sudah kami datangi dan saat ini sudah ada 15 tim yang terdaftar untuk lomba tari Seka dan Yospan,” kaya Frisa, Senin (13/9/2021).

Dijelaskan bahwa momen ini sebagai upaya untuk mengangkat adat dan budaya khususnya untuk dua suku di Timika yaitu Amungme dan Kamoro.

Di pandangan masyarakat, jika mendengar models ataupun Fashion show itu berarti hanya bisa dilakukan di negara ataupun dunia artis. Padahal, hal itu bisa juga dilakukan di Timika guna menampilkan karya seni adat dan budaya khususnya pakaian adat.

“Ini sebagai bentuk upaya kami menunjukan bahwa kita di Timika bisa juga pamerkan adat dan budaya kita melalui fashion show. Sekaligus kita memupuk mental dan keberanian anak-anak selaku generasi penerus. Lomba ini bukan hanya untuk anak suku Amungme dan Kamoro saja, tapi terbuka untuk siapa saja,” jelasnya.

Puncak HUT Yayasan Putra-Putri Papua Mandiri ini tepatnya tanggal 18 September, tetapi karena bertepatan hari Sabtu, maka diundur ke tanggal 20.

“Sebetulnya sudah diselenggarakan, tapi karena adanya pandemi covid-19 ini makanya kita tidak mau ambil resiko. Kita atur waktu yang tepat dan tetap perhatikan protokol kesehatan,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar