Pemkab Mimika Bentuk Tim Penanggulangan Kemiskinan

Bagikan Bagikan
Suasana rapat koordinasi pembentukan tim TKPK Kabupaten Mimika. (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Menanggulangi kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Mimika membentuk tim koordinator penanggulangan kemiskinan (TKPK).

Rapat koordinasi pembentukan tim TKPK Kabupaten Mimika yang digelar di Ruang Rapat Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mimika, Kamis (2/9/2021), dipimpin Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM didampingi Asisten II Setda Mimika, Syahrial dan dihadiri para pimpinan OPD.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk membangun pemahaman bersama di antara para pihak yang berkepentingan serta merumuskan langkah awal bersama dalam menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Mimika.

Wabup John dalam arahannya menyampaikan pembentukan tim TKPK tersebut berdasarkan Permendagri nomor 53 tahun 2020 tentang tata kerja dan penyelarasan kerja serta pembinaan kelembagaan dan sumber daya manusia tim koordinasi penanggulangan kemiskinan provinsi dan tim koordinasi penanggulangan kemiskinan kabupaten atau kota untuk pemantauan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan.

Kemiskinan merupakan masalah multidimensi yang mendesak dan memerlukan langkah-langkah penanganan dan pendekatan yang sistematik, terpadu dan menyeluruh dalam rangka mengurangi beban dan pemenuhan hak-hak dasar warga negara secara layak untuk menempuh dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat. Mengatasi kemiskinan pada hakekatnya merupakan upaya memberdayakan orang miskin untuk dapat mandiri baik dari segi ekonomi, sosial, budaya maupun politik.

Sejalan dengan hal tersebut, lanjut Wabup, Pemerintah Kabupaten Mimika memiliki komitmen untuk melaksanakan pembangunan guna menanggulangi kemiskinan. Hal ini ditunjukkan dalam prioritas rencana pembangunan menengah daerah atau RPJMD Kabupaten Mimika tahun 2020-2024, di mana kemiskinan merupakan salah satu tujuan pembangunan yaitu mencerdaskan kehidupan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tertuang pada meiosis 1 yaitu membangun sumber daya manusia yang cerdas dan memahami teknologi informasi.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut diawali dengan pembentukan tim koordinasi penanggulangan kemiskinan Kabupaten Mimika yang akan ditindaklanjuti dengan penerbitan surat keputusan Bupati Mimika tentang tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah TKPK Kabupaten Mimika sesuai amanat Kemendagri 53 tahun 2020.

"Mimika belum punya tim TKPK, oleh karena itu hari ini kita duduk bersama untuk bentuk  membentuk tim TKPK berdasarkan Permendagri nomor 53 tahun 2020. Tugas dari tim ini melakukan koordinasi dan pemantauan serta pengawasan terhadap TKPK di Mimika khususnya," ungkap Wabup.

John berharap tim TKPK setelah dibentuk segera melakukan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

Setelah dibentuk, Tim TKPK membuat perencanaan disesuaikan dengan program organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Mimika, sehingga kemiskinan di Timika bisa diatasi.

Ia memastikan pada tahun 2024 yang juga masa akhir Bupati dan Wakil Bupati Mimika angka kemiskinan bisa diturunkan, sehingga diharapkan semua OPD harus konsisten untuk bergandengan tangan dalam menurunkan kemiskinan melalui program-program yang direkomendasikan oleh tim.

Ia menegaskan, kepada para pejabat untuk melakukan pelayanan dengan hati, dan tidak mengedepankan kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok tetapi lakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

"Kita berharap selesai tim ini dibentuk jangan hanya tidur saja. APBD Kabupaten Mimika terus meningkat setiap tahun, begitupun angka kemiskinan meningkat setiap tahun, ini adalah persoalan yang harus kita selesaikan bersama-sama, berikanlah pelayanan yang baik. Kalau tidak mau melayani masyarakat jangan jadi pejabat," terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar