pon xx papua
badan pendapatan daerah
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Peresmian Venue Ditandai Pembukaan Kejuaraan Panjat Tebing PON XX di Mimika

Bagikan Bagikan
Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid saat menyampaikan sambutan pada peresmian venue Panjat Tebing di Mimika (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Peresmian Venue Panjat Tebing PON XX Papua di Kabupaten Mimika ditandai dengan upacara pembukaan untuk cabang olahraga panjat tebing, Senin (26/9/2021).

Venue Panjat Tebing yang berlokasi di jalan Sp2, Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika itu diresmikan dan dibuka oleh Yenny Wahid selaku Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) didampingi Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

Putri Presiden Ke-4 Indonesia, Abdurahman Wahid alias Gusdur itu didampingi Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang juga selaku Ketua PB PON XX Papua Sub Mimika dan Ketua FPTI Papua, Caesar Avianto Tunya tiba di di Panjat Tebing disambut tarian khas Kabupaten Mimika (Sekka). Sekka merupakan tarian khas suku Kamoro, salah satu suku besar yang mendiami Mimika selain suku Amungme.

Peresmian Venue Panjat Tebing ditandai penandatanganan batu prasasti oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, sementara pembukaan cabor panjat tebing dibuka secara resmi setelah peletakan pijakan dan pegangan tangan di dinding arena panjat tebing oleh Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid.

Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang lebih dikenal dengan nama Yenny Wahid itu dalam sambutannya mengharapkan seluruh atlet menjunjung tinggi sportivitas dalam PON yang dapat mengharumkan nama Daerah, keluarga dan diri sendiri.

Yenny Wahid sebut kejuaraan Panjat Tebing pada PON XX Papua diikuti 27 Provinsi di Indonesia yang akan bersaing merebutkan 16 medali emas.

Yenny mengapresiasi pemerintah Kabupaten Mimika yang dengan tekad dan kerja keras bisa membangun Venue Panjat Tebing dalam kurun waktu satu tahun.

"Meksipun di tengah pandemi Covid-19, Indonesia tetap memiliki tekad untuk melaksanakan PON XX di Papua. Kita harap PON kali ini bisa menjadi inspirasi bagi bangsa Indonesia untuk bangkit dan mengatasi Covid-19 hanya dengan disiplin," ujar Yenny.

Sementara itu Ketua PB PON XX Papua Sub Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan, semua atlet yang mengikuti kejuaraan di Mimika termasuk Kejuaraan Panjat Tebing akan dilayani secara baik oleh panitia.

Bahkan ia tegaskan kepada para panitia selalu memastikan atlet selalu dalam kondisi sehat.

"Kita tidak mau ada kejadian yang tidak kita inginkan. Untuk itu pelayanan harus baik dan benar, mau kita tuan rumah dapat emas atau tidak kita tetap memberikan pelayanan yang maksimal," kata Omaleng dalam sambutannya.

Sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan PON XX Papua, Bupati Mimika Eltinus Omaleng merasa bangga karena dipercayakan negara sebagai salah satu cluster penyelenggara PON XX Papua.

"Kami bangga kepada Negara, meskipun Kabupaten Mimika baru berusia remaja, Mimika dipercayakan sebagai penyelenggara PON XX Papua," ujarnya.

Dalam kesempatan yang itu Bupati juga meminta agar Atlet Papua dapat berusaha keras untuk mendapatkan medali emas.

"Bapak Gubernur Papua Lukas Enembe sudah janji yang membawa pulang emas akan mendapatkan hadiah dari beliau," terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar