pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

PON XX Papua Sudah Mulai Berlangsung, Dandim: di Timika Situasi Aman Terkendali

Bagikan Bagikan
Sejumlah aparat gabungan sedang berjaga di Jalan Cenderawasih, SP2 Timika, Papua (Foto:SAPA/Yosefina)

SAPA (TIMIKA) - Meskipun pembukaan PON XX Papua belum dilakukan namun perlombaan dan pertandingan sejumlah Cabor telah dilaksanakan di semua klaster termasuk di Mimika.

Seperti perlombaan terbang layang yang dimulai sejak 23 September 2021, pertandingan futsal yang mulai dilaksanakan pada 24 September 2021, dan perlombaan panjat tebing yang dimulai pada 27 September 2021.

Selama berlangsungnya  pertandingan dan perlombaan 3 Cabor ini, situasi di Timika  aman dan terkendali.

“Tidak ada gangguan, semua berjalan baik, semua masyarakat juga mendukung euforia yang ada juga cukup baik,” kata Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya saat ditemui awak media di halaman Pendopo Rumah Negara, usai acara pelepasan Kirab Api PON, Selasa siang (28/9/2021).

Menurutnya, untuk masalah pengamanan semua sudah digelar pasukan TNI-Polri, semua sudah masuk posisi dan dan diharapkan kegiatan PON XX berjalan dengan lancar.

“Ini ‘event’ nasional dan kami yang berada di Timika bertanggungjawab di wilayah sini dan harapannya semua bisa berjalan sesuai dengan rencana,” ujar dia.

Dandim menyebutkan pesta olahraga terbesar di Indonesia ini dilaksanalan di tengah pandemi Covid-19, sehingga diharapkan venue-venue yang membatasi jumlah penonton agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Khusus venue-venue yang mempertimbangkan jumlah penonton harus tetap patuh pada Prokes,” pesannya.

Ia menambahkan, dalam kirab Api PON yang berlangsung pada siang hingga sore hari ini diikuti 60 personel gabungan di Timika.

“Untuk Api PON ini ada tim terbang dan tim yang ada di wilayah Kabupaten Mimika. Jadi ada 60 personel gabungan di Timika yang ikut Kirab Api PON,” ujarnya.

Dikatakan, 60 personel itu mendampingi 4 atlet pembawa Obor Api PON yakni Julius Uwe, atlet legendaris Dasalomba, putra asli Mimika, Maria  Natalia Londa, atlet lari asal Bali, Muhammad Bima Abdi Negara, atlet tenis meja asal Palembang dan Sintia Tri Kusuma, atlet sepeda Asal Malang.

“60 Personel gabungan TNI-Polri ini mendampingi atlet dan juga ada masyarakat yang bergabung membawa Obor Api PON Kuala Kencana kemudian dilanjutkan ke venue-venue kemudian keliling Kota Timika dan terakhir ke tempat pentas seni di Jalan Yos Sudarso, dilanjutkan dengan pentas seni nanti malam kemudian besok Obor Api PON diantar ke Wamena,” ungkapnya. (YOSEFINA)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar