pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Tidak Ada Penambahan Wilayah Transmigrasi di Mimika, Hanya Pemberdayaan Masyarakat Lokal

Bagikan Bagikan

Kota Timika saat sore hari dari arah lampuh merah Diana ke SP2 (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Plt Bidang Transmigrasi Disnakertrans Mimika, Jehuda B. B. Akobiarek mengaku saat ini tidak ada lagi penambahan kawasan transmigrasi di Mimika.

Dijelaskan bahwa hingga saat ini memang tetap disebut transmigrasi tetapi polanya berubah. Dimana jika dahulu warga didatangkan dari luar Papua, tetapi sekarang lebih memperdayakan masyarakat lokal yang ada di dalam wilayah  transmigrasi.

Untuk program pemberdayaan masyarakat lokal di wilayah transmigrasi, dari pusat dianjurkan ke setiap Kabupaten dan Kota untuk memiliki rencana kabupaten transmigrasi sebagai syarat mendapatkan program dari pemerintah pusat. Dengan demikian, jika di Mimika belum memiliki rencana kawasan transmigrasi, maka belum bisa diberikan program atau kegiatan dari Kementerian Desa, Pembangunan  Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Kalau di Timika ini ada di SP2 dan SP lainnya. Di wilayah-wilayah ini kan ada penduduk aslinya dan itulah yang menjadi sasaran pemberdayaan,” jelasnya, Rabu (29/9/2021).

Yang telah ada wilayah transmigrasi di Timika sebanyak 13 mulai dari SP1 sampai ke SP13.

“Intinya secara teknis tidak ada pembagian wilayah transmigrasi, tapi polanya lebih ke program pemberdayaan masyarakat lokalnya yang ada dalam wilayah transmigrasi itu,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar