pon xx papua
badan pendapatan daerah
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

13 Atlet PON XX di Mimika Terkonfirmasi Positif Covid-19, Mimika Masuk PPKM Level 2

Bagikan Bagikan
Kadinkes Mimika, Reynold Ubra (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 13 Atlet yang mengikuti pertandingan PON XX Papua klaster Mimika terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra membenarkan itu. Dia mengungkapkan, dari 500 spesimen yang diperiksa, 13 spesimen terkonfirmasi positif Covid-19.

13 atlet itu berasal dari cabang olahraga (Cabor) Futsal, Judo dan Basket, mereka terkonfirmasi positif ketika hendak pulang ke daerah asal usai pertandingan. Saat ini sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika.

Bidang kesehatan juga telah melakukan pemeriksaan terhadap yang kontak erat dan hasilnya negatif.

"Mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 rata-rata tanpa gejala. Ini gambaran dari mereka yang sudah vaksinasi komplet, walaupun terpapar Covid-19 namun tidak bergejala. Karena pada dasarnya vaksin memberikan perlindungan yang aman bagi setiap orang," kata Reynold.

Menurut Pria kelahiran Fak-Fak itu, atlet yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut sebetulnya telah terpapar di daerahnya.

"Ini bukan Cluster baru atau Cluster PON, karena hasil laboratorium rata-rata nilai CT valuenya sudah di atas 30. Ini artinya mereka sementara dalam masa penyembuhan dan sudah terpapar di daerah asal bukan terpapar di Mimika," ujarnya.

Secara kumulatif kasus aktif di Mimika saat ini sebanyak 44 kasus Covid-19.

Di samping itu, ia mengungkapkan bahwa Mimika kini telah masuk pada Pemberlakuan Pembatasan  Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

"Kita (Mimika) sekarang sudah PPKM level 2, karena dalam satu bulan terakhir tidak terjadi peringkatan kasus yang begitu signifikan dan angka kematian juga tidak ada, ini karena semakin banyak masyarakat yang di vaksin," ungkap Pria yang akrab disapa Rey itu.

Presentasi vaksinasi di Kabupaten Mimika dosis pertama telah mencapai 63 persen sedangkan dosis kedua hampir mencapai 50 persen.

"Kita kejar 70 persen karena selesai PON XX Papua ini masih ada dua event lagi yang akan dilaksanakan di Mimika yakni Pesparawi dan Konferensi Gereja Kingmi," terangnya.

Dinas Kesehatan sendiri menargetkan hingga akhir tahun 2021 atau bulan Desember setidaknya 80 persen warga Kabupaten Mimika telah menerima vaskinasi baik itu Dosis pertama maupun dosis kedua. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar