Translate

13 Kontingen PON XX di Timika Alami Diare Tapi Bukan Karena Makanan

Bagikan Bagikan
Kadinkes Mimika, Reynold Ubra (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) – Tim kesehatan Dinkes Mimika mencatat, hingga tanggal 14 Oktober 2021 ada sebanyak 13 kontingen PON XX di Timika yang alami diare.

Kepala Dinkes Mimika, Reynold Rizal Ubra mengatakan bahwa diare serta gangguan pencernaan yang dialami bukan karena faktor makanan yang dikonsumsi. Sebab, indikator yang bersumber dari makanan adalah keracunan.

“Tercatat sampai kemarin, ada 13 yang alami diare, tapi bukan karena makanan yang disediakan dan mereka makan. Angka itu juga sangat kecil,” katanya, Jumat (15/10/2021).

Menurut dia, meski ada 13 kasus diare, tetapi sangat bersyukur tidak ada yang mengalami keracunan makanan.

“Meski ada yang alami diare, gangguan pencernaan, tapi kita bersyukur hingga PON XX berakhir tidak ada kontingen yang keracunan makanan,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa di setiap Cabor tidak ada atlet  mengalami sakit yang parah. Meski ada atlet yang cedera, tapi bisa ditangani terutama di Cabor atletik mengingat itu merupakan olahraga beresiko tinggi.

“Dari semua Cabor beresiko tinggi itu bisa dikendalikan dengan baik karena cederanya bisa ditangani. Justru Cabor yang tidak beresiko seperti biliar itu banyak kasus hypertensi, karena officialnya kelelahan.Selain hypertensi, di urutan ke sembilan adalah banyak atlet alami sakit gigi,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar