Translate

350 PKL dan Warung Terima Bantuan Modal Rp 1,2 Juta dari Presiden Melalui Kodim 1710/Mimika

Bagikan Bagikan

Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya saat menyerahkan BTPKLW kepada seorang warga Mimika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 350 pelaku usaha mikro yaitu PKL dan warung pinggir jalan terima bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW) senilai Rp 1.200.000.

Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya mengatakan, BTPKLW sesuai dengan instruksi Presiden RI yang ditemukan ke Panglima TNI dan dilanjutkan ke wilayah Kodim. Bantuan tunai ini khusus untuk pelaku usaha yaitu PKL dan warung yang menjadi dampak adanya pandemi covid-19 serta penerapan PPKM level 4 di seluruh Indonesia.

“Pandemi covid-19 ini tentunya sangat berimbas khususnya kepada PKL dan warung sebagai pelaku usaha. Dengan adanya pandemi ini harus diantisipasi bersama, sehingga keluarlah instruksi untuk memberikan bantuan kepada pelaku usaha. Ini dilakukan di seluruh Indonesia,” kata Letkol Yoga dalam sambutannya pada acara launching penyaluran BTPKLW di Koramil Kota Timika, Selasa (26/10/2021).

Harapannya, dengan BTPKLW ini bisa meringankan para pelaku usaha. Ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah yang secara spesifik hanya untuk PKL dan warung, akan tetapi ke depannya akan ada yang lain yang dibantu.

Ratusan PKL dan Warung saat hadir menerima bantuan BTPKLW di Koramil Kota (Foto:SAPA/Acik)

Untuk penyaluran BTPKLW, Pemerintah menugaskan TNI agar melakukan pendataan. Dengan demikian, sebelumnya para Babinsa melakukan pendataan PKL dan warung sesuai dengan alokasi anggaran dari pusat yaitu sebanyak 350 pelaku yang disinkronkan dengan NIK, Usaha dan yang lainnya. Yang sudah mulai disalurkan saat ini di Papua hanya di Mimika, Jayapura dan Merauke.

“BTPKLW ini merupakan program bantuan dari Presiden secara produktif untuk pelaku usaha mikro sebagai upaya kompensasi bantuan dan perhatian kepada masyarakat. Dengan adanya pandemi covid-19, minimal bantuan ini bisa membantu tambahan modal,” katanya.

Sedangkan Sekda Pemkab Mimika, Michael Gomar menyampaikan terimakasih kepada Panglima TNI dan Dandim 1710/Mimika yang telah berupaya membantu pemerintah dalam penyaluran bantuan dimaksud.

Ia pun menyampaikan bahwa adanya pandemi covid-19 sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat termasuk para pelaku usaha mikro. Dengan demikian, diharapakan bagi PKL dan warung yang menerima bantuan harus memanfaatkan sebaik mungkin tambahan modal tersebut.

“Pemkab Mimika sangat berterimakasih kepada Panglima TNI dan Kodim 1710/Mimika atas bantuannya dalam mendata dan menyalurkan bantuan ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu PKL dan warung yang menerima,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar