pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Atlet Ketahuan Pakai Doping, Medali Akan Diambil Kembali

Bagikan Bagikan
Dr. Beeri I.S Wopari selaku Sub Koordinator Kesehatan Cluster Mimika (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) – Sub Koordinator Kesehatan Cluster Mimika, Dr. Beeri I.S Wopari menyampaikan, semua atlet yang mengikuti PON XX Papua, khususnya di Cluster Mimika dilarang keras menggunakan doping.

Dia menegaskan, bagi atlet yang ketahuan menggunakan doping untuk meningkatkan performanya saat bertanding, siap menanggung malu dan resikonya.

“Kegiatan boleh berjalan dan medali boleh diterima tetapi hasil doping akan mengubah itu semua. Atlet yang ketahuan memakai doping meskipun sudah menerima medali akan ditarik kembali dan akan diberikan kepada yang berhak. Misalnya atlet yang meraih medali emas namun saat diperiksa ketahuan menggunakan doping, medali emas itu akan diberikan kepada atlet yang meraih medali perak,” terang Dr. Beeri saat ditemui di salah satu Hotel di Timika, Kamis (7/10/2021).

Ia menambahkan, pemeriksaan doping hanya bagi atlet yang keluar sebagai juara pertama, kedua dan ketiga. Petugas kesehatan akan mengambil urin atlet sebagai sampel untuk diperiksa.

“Kita akan mengambil sampel dari atlet yang memenuhi kriteria. Sampelnya di kirim ke Jayapura karena memang laboratorium untuk pemeriksaan hanya ada di Jayapura. Di sini kita hanya mengumpulkan sampel tersebut,” terangnya.

Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan tersebut, Kepala Balai Pengedalian AIDS, Tuberculosis dan Malaria Provinsi Papua itu menyebutkan memakan waktu sekitar sebulan bahkan lebih. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar