pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Berkat PON XX, Mimika Punya Peralatan Terjun Payung

Bagikan Bagikan
Salah satu atlet terjun payung PON XX Papua saat mendarat di halaman kantor Puspem Mimika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – TD Terjun Payung PON XX Papua, Effendi Soen mengatakan dengan adanya pelaksanaan Cabor terjun payung di Mimika, maka Mimika akhirnya memiliki peralatan terjun payung karena telah dihibahkan negara melalui APBN.

Selain adanya peralatan, di Timika juga ada pembina federasi aerosport Indonesia dan komite terjun payung. Sehingga, peralatan yang ada agar tidak disia-siakan.

“Dalam hal ini, peralatan yang sudah ada harus dipakai untuk pembinaan. Untuk peralatan mendarat itu biasanya dihibahkan dari pusat melalui APBN. Di Timika juga ada pembinanya, sehingga semoga bisa saling share dan peralatan yang ada bisa digunakan dengan harapan terjun payung di Timika bisa berkembang,” kata Effendi di halaman kantor Bupati Mimika, Kamis (14/10/2021).

Dengan hal ini Mimika juga akhirnya mempunyai pengalaman sebagai penyelenggara dalam mengurus arus lalulintas udara, mengurus penerjun, mengurus area pendaratan dan yang lainnya.

“Memang tidak gampang, tapi sebagai TD saya sudah transfer semua pengalaman saya. Berharap itu bisa diterapkan oleh pengurus yang ada di Timika,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menilai bahwa pelaksanaan Cabor terjun payung PON XX Papua di Timika sangat luar biasa dan berhasil. Dukungan pengaturan  lalulintas udara juga sangat rapi serta kerjasama pihak TNI AU, UPBU, Avco, Airfast,AirNav serta yang lainnya sangat baik.

“Saya yang berhubungan langsung dengan pihak-pihak itu dan saya mohon agar dibantu. Merekapun membantu dengan baik, sehingga sampai akhir pelaksanaan Cabor terjun payung bisa lancar dan aman. Tanpa bantuan pihak tersebut, kita tidak mungkin berjalan,” ujarnya.

Khusus di Cabor terjun payung, persiapan PB PON XX Sub Mimika sangat bagus karena disiapkan juga tim kesehatan yang berpadu bersama SAR dan Keamanan. Hal ini belum pernah dijumpainya di daerah lain.

“Saya hanya buat SOP-nya saja, tapi ternyata itu semua berjalan dengan baik. Tadi juga saat perpisahan dibuat dengan bagus dan saya merasa terkesan,” katanya.

Selain hal itu, Effendi menilai prestasi atlet terjun payung dari semua Provinsi sangat merata. Meski ada rekor khusus nomor kerjasama di udara, akan tetapi nilai yang diperoleh di setiap nomor sangat melebihi nilai atlet yang berlaga pada PON XIX di Jabar.

“Semua atlet yang berlaga di PON XX ini semuanya sangat hebat dan nilai mereka baik. Kemampuan dasar yang mereka miliki juga sangat meningkat,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar