Translate

BNN Mimika Gelar Bimbingan Teknis Pegiat Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan

Bagikan Bagikan
Foto bersama narasumber dan peserta setelah kegiatan pada hari pertama (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika menggelar bimbingan teknis penggiat anti narkoba di lingkungan pendidikan.

Ajeng selaku penyuluh Narkoba Ahli Pertama BNN Mimika menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman, menyampaikan dan menyebarluaskan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba kepada para pelajar.

Kegiatan yang berlangsung dua hari yang dimulai sejak Rabu (27/10/2021) sampai Kamis (28/10/2021) para pelajar dilatih secara teknis dalam melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

"Jadi para pelajar yang menjadi peserta kita latih agar mereka bisa mandiri melakukan kegiatan pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah maupun lingkungan dimana mereka tinggal. Mereka diberikan pelatihan publik speaking agar mereka dapat menyampaikan informasi terkait pencegahan narkoba serta pelatihan membuat konten di medsos untuk  mengajak para pelajar lain terkait bahaya narkoba," terangnya kepada Salam Papua.

Ajeng menuturkan, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan, dimana sebelumnya sudah diadakan rapat kerja pemberdayaan masyarakat anti narkoba.

"Sasaran bimbingan teknis kita ada empat yakni di lingkungan pendidikan, pemerintahan, swasta dan lingkungan masyarakat, namun sejauh ini baru dilakukan di lingkungan pendidikan dan lingkungan masyarakat, sedangkan di lingkungan pemerintahan dan swasta menyusul," ujarnya.

Dia mengatakan, bimbingan teknis terkait penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar sangat dibutuhkan, mengingat banyak pelajar yang mulai terjebak sebagai pengguna narkoba bahkan sebagai pengedar.

Ia berharap para pelajar yang dilatih dapat menjadi Motivator bagi para pelajar yang lain untuk menjauhi narkoba.

"Para pelajar yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba ini rata-rata karena faktor tidak ada pengawasan dari orang tua, jadi mereka berani untuk melakukan itu, ada juga yang karena faktor masalah keluarga, jadi soal penyalahgunaan narkoba ini butuh peran penting dari orang tua," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi sekolah yang dengan ikut mengambil bagian dalam memerangi narkoba dengan terus memberikan himbauan kepada para pelajar bahkan menjadikannya sebagai kurikulum belajar di sekolah.

Pada hari pertama pada kegiatan ini membahas secara khusus tentang materi public speaking dengan narasumber Jimmy Rungkat, sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi di Timika dan juga sebagai praktisi ilmu komunikasi. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar