pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Dana Refocusing Covid-19 Pemkab Mimika Capai Rp 300 Miliar Lebih

Bagikan Bagikan
Kepala BPKAD Kab. Mimika, Marten Malisa (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika, Marten Papi Malisa mengaku jumlah anggaran refocusing covid-19 di semua OPD Pemkab Mimika mencapai Rp 300 miliar lebih.

Dengan adanya dana refocusing covid-19 tentunya banyak utang kepada pihak ketiga yang harus dibayar.

Untuk laporan dana refocusing kepada pihak ketiga, kaitan dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan sekalipun masuk dalam refocusing akan dikembalikan ke masing-masing OPD untuk pembayarannya.

“Komitmen Bupati Mimika untuk penyelesaian utang refocusing itu ada dalam APBD Perubahan ini. Hingga memasuki penetapan APBD Perubahan, telah ada kurang lebih Rp 200 miliar lebih yang terbayar dan sisanya kemungkinan masuk di anggaran APBD tahun 2022 untuk utang-utang refocusing multiyear,” ungkap Marten, Rabu (6/10/2021).

Saat inipun telah ada beberapa OPD telah melaporkan adanya utang refocusing untuk kegiatan-kegiatan. Laporan utang refocusing itu sementara divalidasi oleh Inspektorat untuk mengetahui kegiatannya sudah selesai ataupun tidak dan untuk memastikan kegiatan dimaksud masuk dalam refocusing atau tidak. Validasi itu dilakukan berdasarkan kontrak yang ada.

“Mungkin yang paling banyak dana refocusing itu di (Dinas) PUPR dan Perhubungan, karena memang banyak infrastruktur yang anggarannya kena refocusing,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar