pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Jawa Timur Merajai Perolehan Medali Panjat Tebing PON XX Papua

Bagikan Bagikan
Tim Jawa Timur saat berpose bersama di acara penutupan Cabor Panjat Tebing PON XX Papua di Mimika (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kontingen Jawa Timur (Jatim) berhasil merajai cabang olahraga (Cabor) panjat tebing di PON XX Papua yang berlangsung di Venue Panjat Tebing Timika sejak tanggal 27 September hingga 8 Oktober 2021.

Dari total 16 medali emas di Cabor tersebut, tim Jatim berhasil memperoleh 6 medali emas. Tim Jatim juga meraih 5 medali perak dan 3 medali perunggu di Cabor yang sama.

Sedangkan Tuan Rumah berada pada posisi kedua. Tim Papua berhasil mengumpulkan 3 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

Tim Jawa Tengah mengumpulkan 2 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu. Tim Nusa Tenggara Barat 2 medali emas, 1 medali perak.

Tim Jawa Barat  mengumpulkan 1 medali emas, 3 medali perak dan 6 medali perunggu. Tim Bali mengumpulkan 1 medali emas dan 2 medali perak, tim Kalimantan Barat mengumpulkan 1 medali emas.

Sedangkan, tim DKI Jakarta hanya mengumpulkan 1 medali perak dan  2 medali perunggu, tim Banten hanya mengumpulkan 1 medali perak, dan tim Kalimantan Timur  mengumpulkan 1 medali perak.

Ketua pengurus FPTI Provinsi Jatim, Danu Iswara mengaku bangga para atlet yang diterjunkan mengikuti PON XX Papua pada Cabor Panjat Tebing dan berhasil meraih target.

"Target awal kita 5 medali emas dan optimisnya 6 mendali emas dan akhirnya apa yang menjadi target kita bisa tercapai," ujar Danu kepada Salam Papua, Jumat (8/10/2021).

Danu mengungkapkan, menghadapi PON XX Papua, tim Jatim telah mempersiapkan diri selama 3 tahun, dan dengan kerja keras akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan.

Jatim menurunkan 15 atlet panjat tebing mengikuti PON XX Papua, terdiri dari 8 atlet putra dan 7 atlet putri.

Kepala Pelatih Jatim itu juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jatim atas dukungan yang begitu luar biasa kepada para atlet.

Dia juga berharap Pemerintah Pusat  segera membuka Seleknas dan pelaksanaan PON XX Papua menjadi awal yang baik untuk melirik para atlet berbakat.

Sementara itu, Ketua FPTI Pusat, Yenny Wahid dalam sambutannya secara virtual juga memberi apresiasinya kepada para atlet yang telah menyelesaikan tugasnya dengan penuh sportivitas.

"Selamat kepada atlet Panjat Tebing yang berprestasi dan berhasil meraih medali emas," ungkap Yenny.

Sedangkan Ketua Pengurus FPTI Provinsi Papua, Caesar Avianto Tunya yang juga selaku Sekretaris Umum PB PON XX Sub Mimika mengapresiasi seluruh kontingen yang mengikuti kejuaraan panjat tebing.

"Saat ini panjat tebing merupakan salah satu cabang olahraga yang menjadi perhatian pemerintah. Ini merupakan hadiah terbesar dari Pemerintah untuk Cabor Panjat Tebing," ungkap Caesar saat menutup seluruh rangkaian pertandingan Cabor Panjat Tebing PON XX.

Caesar berharap atlet yang berprestasi di PON XX Papua tidak berakhir di hari ini, namun terus berkelanjutan.

"PON XX Papua menjadi batu loncatan untuk berprestasi di tingkat nasional juga internasional," terangnya.

Dia juga memohon maaf kepada seluruh kontingen atas pelayanan yang tidak sempurna selama berada di Timika. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar