pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Juara Lari Marathon PON XX Akui Track Lari Kuala Kencana Freeport Terbaik di Indonesia

Bagikan Bagikan
Agus Prayogo (atas) dan Odekta Elvina Naibaho (bawah) (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Kuala Kencana milik PT. Freeport Indonesia (PTFI) menjadi salah satu arena yang digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Klaster Mimika.

Kota kecil yang dibangun di tengah hutan dengan nuansa Eropa itu menjadi arena bagi cabang olahraga (Cabor) Lari Marathon dan Jalan Cepat.

Agus Prayogo, pelari jarak jauh Nasional asal Jawa Barat yang merajai lari marathon putra Cabor Atletik PON XX Papua mengatakan bahwa track lari yang berada di Kuala Kencana merupakan track terbaik di Indonesia dan berstandar internasional.

"Ini adalah track terbaik yang pernah saya lalui selama di Indonesia," kata Agus seusai menjuarai lari Marathon Putra yang digelar di Kuala Kencana, Sabtu (9/10/2021).

Menurutnya, Track Lari di Kuala Kencana sangat layak apabila dijadikan event Marathon tahunan.

"Tracknya sangat luar biasa, namun kelembabannya cukup tinggi. Track ini jika difungsikan secara baik maka banyak atlet Papua yang dapat dicetak," terangnya.

Sementara itu, pelari Jarak Jauh Nasional, Odekta Elvina Naibaho yang meraih medali emas di PON XX Papua kategori Marathon Putri mengatakan, track lari Kuala Kencana sangat bagus dan sejuk.

"Rutenya bagus banget, tidak terlalu banyak tikungan dan sangat sejuk, jadi kita tidak jenuh. Apalagi sepanjang berlari kita disuguhi pemandangan yang indah," terangnya.

Ia menilai arena Kuala Kencana selain dijadikan sebagai arena lomba, juga paling asik jika dijadikan sebagai tempat latihan (Lari).

Odekta berharap ada komunitas lari di Kabupaten Mimika sebagai wadah bagi anak-anak muda untuk mengembangkan bakat lari mereka.

"Tracknya sangat mendukung, dan ini dibutuhkan orang yang tulus untuk mendedikasikan dirinya dalam membina anak bangsa, karena  menjadi pembina itu adalah panggilan jiwa dan banyak bibit atlet di Papua, hanya saja belum diasah secara baik saja," terangnya.

Sedangkan, Vice President Government Relation (VP Govrel) PTFI, Jonny Lingga menyebutkan sebelum dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan lomba Cabor marathon dan jalan cepat, arena Kuala Kencana telah dilakukan uji coba.

"Arena Kuala Kencana telah dilakukan uji coba dan dinyatakan lulus. Track Kuala Kencana adalah salah satu arena terbaik di Indonesia dan berstandar internasional," kata Jonny saat ditemui wartawan di sela-sela Lomba Marathon dan jalan cepat di Kuala Kencana.

Jonny memastikan atlet yang mengikuti perlombaan lari Marathon dan jalan cepat di area Kuala Kencana tidak akan jenuh, karena selain udaranya yang sejuk, atlet juga disuguhi pemandangan serta suasana alam yang begitu indah.

"Akan sangat baik jika Kuala Kencana menjadi wakil dari Kabupaten Mimika untuk track perlombaan lari dan ini menjadi rencana PTFI untuk pengembangan atlet Papua," kata Jonny. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar