pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Kadis Perikanan Sebut Sektor Perikanan Mimika Meningkat Pesat

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Lientjee Siwabessy (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Lientjee Siwabessy mengaku bahwa  sektor perikanan di Kabupaten Mimika berkembang sangat pesat.

Lientjee mengatakan, berkembangnya sektor perikanan di Mimika tidak terlepas dari dukungan dan support dari Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE,MH selaku Kepala Daerah.

“Terimakasih kepada Bapak Bupati yang selalu mendukung kami di Dinas Perikanan. Semua ini untuk kesejahteraan nelayan. Memang masih banyak kekurangan, perlahan semua nelayan akan merasakan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Perikanan dan Dinas terkait,” ungkap Lientjee, Rabu (13/10/2021).

Apalagi dengan  kehadiran Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) tidak hanya mencukupi kebutuhan lokal, produk perikanan Mimika juga menyebar ke pasar Domestik.

“Hadirnya SKPT membawa kemajuan pada sektor perikanan. Banyak hal yang sudah dibangun seperti coll storage, dermaga apung, dan tempat pelelangan ikan (TPI),” ungkapnya.

Dermaga utama pelabuhan perikanan Poumako juga akan diperpanjang lagi oleh Dinas Perikanan Provinsi Papua. Di samping itu Dinas Perikanan Mimika juga telah merencanakan pembangunan pabrik pengalengan ikan di area PPI Poumako.

Tidak hanya itu, Dinas Perikanan juga akan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) bersubsidi.

Di tahun 2021, tambah dia, Dinas Perikanan kembali menggunakan Dana Otonomi Khusus (Otsus), Dana Alokasi (DAK) dan juga APBD untuk membantu para nelayan dan membangun sektor perikanan di  Mimika baik itu perikanan air asin, perikanan air tawar dan pengolahan ikan.

“Untuk DAK tahun ini kita bangun sarana- prasarana budi daya ikan komplet, pengadaan 5 unit perahu serta alat tangkap, sedangkan dana Otsus kita gunakan untuk pengadaan alat tangkap berupa 4 unit perahu serta alat tangkap,” ujarnnya.

Sembilan unit perahu beserta alat tangkap tersebut diberikan kepada 9 kelompok masyarakat yang berada di Distrik Amar, Distrik Mimika Timur Jauh, Distrik Mimika Timur, Distrik Iwaka dan  Distrik Wania.

Di bidang pengolahan ikan, Dinas Perikanan juga membangun unit pengolahan ikan asin di pasar Sentral dan membangun pengolahan ikan abon. Masyarakat yang tergabung dalam kelompok pengolahan telah memasarkan hasil olahan mereka di setiap venue PON XX klaster Mimika.

“Kalau kegiatan yang bersumber dari APBD, kami sementara bangun Pasar Ikan Air Tawar juga ikan hias di pasar Sentral. Jadi nanti di pasar Sentral tidak hanya akan menjual ikan air asin tapi juga ikan air tawar  termasuk ikan hias. Terlepas dari itu Dinas Perikanan juga akan membangun wisata Kuliner ikan di area hutan Mangrove,” terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar