pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Layanan Kesehatan Kontingen PON XX Klaster Mimika Terjamin

Bagikan Bagikan
Sekretaris Dinkes Kabupaten Mimika, Marsel Mameyao (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Marsel Mameyao mengaku layanan kesehatan bagi kontingen semua Cabor PON XX klaster Mimika sangat terjamin.

Menurut dia, sejak tamu PON XX tiba di Timika dan hingga saat ini, semua petugas kesehatan selalu berada di tempat penginapan masing-masing dan langsung mengecek suhu tubuh serta memberi informasi tentang kesehatan. Saat para atlet pulang dari venue mengikuti pertandingan masing-masing Cabor, juga langsung diperiksa kembali oleh tim kesehatan yang ada, baik untuk cek malaria ataupun tes Covid-19.

“Saat tamu-tamu PON datang, tempat tinggal mereka sudah kita sterilkan untuk mencegah Covid-19 dan malaria. Tenaga kesehatan juga selalu standby di penginapan-penginapan. Itu setiap hari sampai saat ini. Kalaupun tenaga kesehatan tidak ada di tempat maka mereka (tamu PON) sudah tahu nomor khusus pengaduan,” kata Marsel, Selasa (12/10/2021).

Dia mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu ada beberapa atlet yang dinyatakan positif covid-19, dan semuanya diisolasi di masing-masing penginapan.

“Memang sejak awal untuk di Timika kita sepakati kalau ada yang terpapar Covid-19 akan diisolasi di kapal khusus. Kemudian panitia PON putuskan akhirnya hanya diisolasi di penginapan saja. Karena kalau diisolasi di kapal, (tidak ada tenaga kesehatan yang melayani karena) tenaga kesehatan kita sudah dipakai habis. Bahkan masih kurang lagi,” ujarnya.

Disampaikan juga bahwa selama pelaksanaan PON XX, layanan kesehatan esensial bagi masyarakat tetap jalan seperti biasa. Kesehatan tamu PON di Timika, lanjut dia, tetap dilayani dengan tidak melupakan layanan bagi masyarakat Mimika.

“Untuk layanan (kesehatan bagi masyarakat) saat ini tetap dilakukan seperti biasa. Tenaga kesehatan yang untuk layanan PON itu menjalankan tugasnya di PON sesuai petunjuknya, tapi di Puskesmas tetap ada tenaga kesehatannya. Intinya layanan esensial itu tidak ditinggalkan selama PON ini. Posyandu dan layanan dasar lainnya tetap dilayani,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar