Translate

Masalah Galian C Ilegal, Bupati Mimika Eltinus Omaleng Juga Ikut Diancam

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Satpol-PP Kabupaten Mimika, Paulus Dumais (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Mimika, Paulus Dumais mengungkapkan Galian C yang berada di jalan Wilayah Distrik Mimika Baru telah kembali beroperasi secara ilegal.

Paulus menyebut kembali beroperasinya Galian C secara ilegal tidak hanya anggota Satpol-PP yang dihadang melainkan Bupati Mimika Eltinus Omaleng juga dihadang dan diancam.

"Pak Bupati juga sudah turun langsung mengecek galian C tapi diancam," kata Paulus ketika ditemui di ruang kerjanya, pada Jumat (22/10/2021).

Dikatakan, pengusaha galian C itu nekat melawan karena menurut mereka memang itu sebagai tempat bagi mereka untuk mencari makan.

"Kita akan tindak tegas karena itu sudah merusak lingkungan, tapi kita harus di back up TNI dan Polri termasuk Bappeda dan Dinas Lingkungan Hidup sehingga bisa memberikan pemahaman kepada mereka," kata Paulus.

Ia mengaku, seusai pelaksanaan Pesparawi XIII se-Tanah Papua di Mimika timnya akan segera berkoordinasi dengan pihak keamanan juga menertibkan galian C itu.

"Tunggu Pesparawi selesai baru kita bergerak, karena mau turun sekarang kita tidak diback up dan tidak ada dana operasional. Kita juga tidak mau ambil resiko karena mau ke sana pasti diancam anak buah pengusaha galian C yang menjaga di setiap jalan masuk," ujarnya.

Diketahui, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,S.E,M.H telah mengeluarkan Instruksi Nomor 5 Tahun 2021 tentang Larangan Melakukan Penggalian Material Mineral Bukan Logam dan Batuan (Galian C) di Kabupaten Mimika.

Instruksi tersebut berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Mimika Nomor 15 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Mimika yang menetapkan kawasan peruntukan pembangunan kawasan untuk pertambangan Galian C hanya di kali Iwaka. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar