Translate

Pantai Malaumkarta dan Pulau Um Sorong Mulai Ramai Wisatawan

Bagikan Bagikan

Wisatawan domestik saat mengunjungi pantai Malaumkarta. (Foto-Antara)

SAPA (SORONG)
- Pantai Malaumkarta dan Pulau Um Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat mulai ramai wisatawan domestik dari kota Sorong maupun dari luar wilayah Papua Barat. 

Pantauan di pantai kampung Malaumkarta, Rabu, perahu tradisional masyarakat setempat sudah banyak beroperasi melayani wisatawan domestik menuju destinasi wisata alam Pulau Um yang terkenal dengan banyak kelelawar. 

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pantai Malaumkarta dan Pulau Um adalah para pencinta suasana laut yang datang dari kota Sorong dan sekitarnya. Ada juga dari luar Papua seperti Jakarta. 

Hermanus warga kampung Malaumkarta penyedia perahu tradisional guna melayani kunjungan wisatawan menuju Pulau Um mengakui bahwa setiap hari libur setelah kabupaten Sorong PPKM level 2 mulai banyak kunjungan wisatawan domestik. 

Dia mengatakan bahwa wisatawan yang berkunjung ke pantai Malaumkarta dan Pulau Um sempat sepi akibat pandemi COVID-19. Akhir-akhir ini sudah ada kunjungan wisatawan. 

"Meskipun hanya dari kota Sorong tetapi masyarakat khususnya penyedia jasa transportasi perahu tradisional bersyukur masih ada wisatawan yang datang berkunjung," ujarnya. 

Ketua Penggiat Konservasi Malaumkarta Raya untuk Masyarakat Hukum Adat Suku Moi, Robert Kalami mengatakan bahwa masyarakat setempat telah berkomitmen menjaga laut dan hutan setempat agar tetap terlestari dan dimanfaatkan untuk daya tarik wisata yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Joko Wisatawan dari kota Sorong mengatakan bahwa Pantai Malaumkarta dan Pulau Um adalah destinasi wisata terdekat dan alamnya masih indah terjaga. 

"Kalau hari libur saya dan keluarga pasti berkunjung ke ini menikmati indahnya pantai pasir putih dan juga melihat atraksi kelelawar di pulau Um yang mempesona," tambah dia. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar