pon xx papua
badan pendapatan daerah
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Pemkab Mimika Diminta Akomodir Pembangunan Lanjutan Lapangan Terbang di Distrik Hoya Tahun 2022

Bagikan Bagikan

Kepala Distrik Hoya, Karel Kum (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Distrik Hoya Kabupaten Mimika, Karel Kum memastikan pembangunan lanjutan lapangan terbang (Lapter) Hoya selesai pada tahun 2022 mendatang.

Karel yang ditemui di Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Rabu (13/10/2021), mengatakan bahwa pembangunan lanjutan Lapter Hoya telah diajukan melalui Musrenbang Distrik tahun 2022.

“Tahun depan Lapter Hoya sudah harus selesai dan corona bukan halangan untuk pembangunan serta pelayanan. Kita berharap Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Perhubungan bisa mengakomodir pembangunan Lapter. Kalau di tahun 2022 belum juga ada pergerakan dari Pemerintah Kabupaten Mimika untuk melanjutkan pembangunan lapter tersebut, kami sudah musyawarah bersama dengan para kepala kampung dan masyarakat untuk melaksanakan alas tikar atau ebamukai mencari dana agar bisa melanjutkan pembangunan Lapter itu,” terangnya. 

Selain menjadi kerinduan masyarakat Hoya, Lapter juga dapat memperlancar layanan dasar kepada masyarakat di Hoya.

“Kita mau pelayanan di sana berjalan lancar, selama ini kita terhambat transportasi sehingga kita minta agar Lapter di Hoya segera diselesaikan,” ungkap Karel.

Dia menyebutkan saat ini pembangunan Lapter di Hoya telah mencapai 70 persen.

Menurut Karel masalah lahan memang menjadi penghambat pembangunan Lapter Hoya, namun itu telah diselesaikan.

Kesepatakan masyarakat siap untuk menyerahkan lahan itu kepada pemerintah untuk membangun lapter secara gratis dengan ketentuan masyarakat dilibatkan dalam  pembangunan dan pengelolaan Lapter tersebut.

Diberitakan Salam Papau sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Jania Basir mengatakan bahwa sebanyak 7 Lapter di daerah pedalaman yang masih menjadi tugas Dinas Perhubungan, salah satunya adalah pembangunan Lapter di Distrik Hoya.

Dari 7 Lapter di daerah pedalaman yang menjadi tugas Dishub tersebut, Jania sebut Dishub akan fokus pada pembangunan Lapter di Distrik Hoya, sebab pembangunan Lapter Hoya sangat urgent dan untuk ke Distrik Hoya hanya bisa ditempuh dengan transportasi udara. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar