pon xx papua
badan pendapatan daerah
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

Produksi Sampah di Timika Meningkat 3 Kali Lipat Karena PON, Sampah di Pinggir Jalan Paling Banyak

Bagikan Bagikan
Petugas kebersihan DLH Mimika saat membersihkan sampah jalanan di SP2 (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Sejak dimulainya perhelatan PON XX di Mimika, kapasitas produksi sampah masyarakat meningkat tiga kali lipat dari sebelumnya.

Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika mengaku bahwa yang paling banyak saat ini adalah sampah yang dibuang di pinggir jalan oleh pengguna jalan ataupun pedagang.

“Yang di pinggiran jalan itu paling bikin kami kewalahan karena kami harus kerja dua kali. Ada sampah yang sudah dikumpulkan satu tempat tapi nanti ada orang yang bongkar lagi untuk cari makan ternak atau cari barang-barang bekas. Yang di pinggir jalan juga biasa dibuang pedagang dan pengguna jalan. Di jalan Hasanuddin (Timika) yang paling banyak seperti itu. Kami sering tegur mereka, malah kami lagi yang disalahkan,” ungkap Pengawas Lapangan Petugas Kebersihan Kota DLH Mimika, Sujanje saat ditemui Salam Papua di SP2, Sabtu (9/10/2021).

Dijelaskan bahwa untuk penanganan sampah di TPS-TPS dan venue PON sangat aman, karena sampahnya tergolong steril dan telah dikemas dalam kresek. Untuk di hotel-hotel dan penginapan lainnya sampah juga makin bertambah, sehingga biasanya diangkut dua kali dalam sehari.

“Luar biasa peningkatan produksi sampah saat ini. Sangat meningkat, bisa sampai tiga kali lipat dari waktu sebelumnya. Di hotel-hotel itu kita bolak balik dua kali sehari,” jelasnya.

Sujanje juga menambahkan bahwa ada sebanyak 130 orang ditambah sebagai relawan umum, sedangkan untuk PON ada sebanyak 100 orang lebih.

Relawan yang sebagai petugas kebersihan DLH mulai bekerja jam 04.45 WIT untuk membersihkan sampah umum. Kemudian jam 07.00 WIT mulai menjalankan tugas kebersihan sebagai relawan PON XX 2021.

“Subuh-subuh kami jalankan tugas kami sebagai pegawai DLH dan membersihkan sampah umum. Kemudian dilanjutkan dengan tugas sebagai relawan PON bersama relawan umum yang bukan petugas DLH. Kami yang dari DLH tetap tangani kebersihan sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang sering kami jalankan. Kalau soal relawan umum itu, kami tidak tahu persis,” ungkap

Untuk membersihkan sampah PON, timnya membersihkan sampah di KPG, Sentra Pendidikan, GOR Futsal dan juga di dapur umum. Tugas membersihkan sampah itu dimulai  pagi, kemudian istirahat dan dilanjutkan saat sore hari. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar