pon xx papua
badan pendapatan daerah
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

PT. Pangansari Utama, Penyedia Konsumsi PON XX dan Dampaknya Bagi Ekonomi Masyarakat Papua

Bagikan Bagikan

Project Director Pangansari PON XX Papua, Erwin Sudarmin (paling kanan) (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Kehadiran PT. Pangansari Utama (PSU) sebagai penyedia konsumsi PON Papua di Kabupaten Mimika dan Kabupaten Jayapura, tidak sekedar hadir sebagai penyedia konsumsi untuk para atlet, official, panitia dan relawan PON Papua, tetapi turut serta memberi dampak dalam hal berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam pengelolaan industri makanan maupun di bidang ekonomi bagi masyarakat lokal Papua secara langsung.

Anak-anak Papua pun tak lepas dari upaya pemberdayaan Pangansari. Tenaga lokal yang merupakan anak-anak Papua yang direkrut Pangansari selama PON XX Papua berlangsung mencapai lebih dari 500 orang.

Anak Papua yang menjadi volunteer direkrut membantu kelancaran, baik administrasi maupun distribusi makanan untuk para atlet.

Menanggapi pertanyaan wartawan Salam Papua, dijelaskan bahwa secara khusus di Kabupaten Mimika, lebih dari 250 orang asli Mimika sebagai volunteer dikerahkan guna mendukung aktiivitas Pangansari, selain untuk memberdayakan UMKM.

“Semua ini dilakukan Pangansari karena ingin berbagi. Pangansari berkeinginan kehadirannya di Bumi Papua membawa dampak, baik dampak pengalaman, ilmu maupun dampak ekonomi bagi masyarakat, terutama warga lokal Papua,” ungkap Project Director Pangansari PON XX Papua, Erwin Sudarmin dalam acara makan malam bersama Jurnalis se-Mimika di salah satu restoran di Jalan Budi Utomo Ujung, Selasa.malam  (12/10/2021).

Adapun selama berlangsungnya PON XX Papua, PANGANSARI juga bekerjasama dengan para pengusaha lokal untuk mendistribusikan konsumsi selama PON berlangsung di Papua, khususnya di Mimika bekerjasama dengan 4 pengusaha catering.

Mitra lokal ini dilibatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi para atlet, official, panitia dan para relawan pendukung PON XX klaster Mimika.

Pihak Pangansari tentu tidak saja melakukan kerja sama dengan pengusaha catering lokal, namun juga berkomitmen menyerap bahan-bahan baku makanan dari masyarakat lokal, seprti telur, ikan dan bahan makan lainnya. Total logistik PON XX Papua yang dibutuhkan sekitar 1.300.000 butir telur dan 50 ton ikan.

“Sebagian besar bahan makanan seperti telur dan ikan, kami ambil dari pengusaha lokal Papua. Ini komitmen Pangansari agar pengusaha lokal juga berkembang. Pangansari Utama ingin pengusaha dan masyarakat lokal maju dan terus berkembang bersama Pangansari,” ujarnya.

Terkait dengan distribusi makanan, Pangansari tentu mengikuti standar yang telah ditentukan PB PON XX Papua, mulai dari jumlah protein, gizi dan semua yang dibutuhkan untuk menjaga kebugaran.

Turut hadir dalam acara makan malam saat itu, Head of HR Operation Pangansari (Grup), Wawan Sasongko dan Tim Media PT. Pangansari Utama, Moh Hafizni. (Yosefina/Jimmy)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar