pon xx papua
info grafis pesparawi xiii se tanah papua

TNI AU Harap Dukungan Pengembangan Pangkalan Udara TNI AU di Wamena

Bagikan Bagikan

Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi (kiri) dan Komandan Pangkalan Udara TNI AU Marthe Indey di Wamena, Letnan Kolonel Penerbang Yulianto.(Foto-Antara)

SAPA (WAMENA)
- TNI AU di Wamena mengharapkan dukungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, untuk pengembangan pangkalan angkatan udara (lanud) setempat agar pendistribusian logistik lebih lancar lagi. 

Komandan Pangkalan TNI AU Wamena Marthen Indey di Wamena, Letnan Kolonel TNI Yulianto Nurcahyo, di Wamena, Papua, Selasa, mengatakan, pengembangan pangkalan udara TNI AU sangat penting, terutama di wilayah pegunungan Papua. 

"Mudah-mudahan di Wamena dalam waktu dekat direalisasikan, sehingga pasokan logistik akan dapat dimudahkan karena kita ketahui bersama bahwa akses ke Wamena ini yang utama adalah lewat udara. Untuk jalan darat masih sangat sulit, banyak rintangan sehingga salah satu angkutan efektif adalah udara," katanya. 

Pembangunan Markas Komando Pangkalan Udara TNI AU Marthen Indey sudah berjalan dan hampir mencapai 80 persen tahap penyelesaian. 

"Yang kami kurang adalah mungkin tempat tinggal personel, nanti kami mohon dukungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mengalokasikan tempat untuk kami dapat segera eksis membantu kegiatan atau dalam rangka memajukan daerah, terutama daerah yang sulit dijangkau," katanya. 

Rata-rata pangkalan udara TNI AU di Tanah Air memiliki personel sekitar 150 hingga 200 orang sehingga jika dilakukan pengembangan maka akan ditambahkan lagi personel. 

"Kebetulan kemarin saya juga menjabat sebagai komandan pangkalan udara TNI AU di Maluku Tenggara, anggota kami sekitar 120 orang. Itu sudah cukup memadai untuk mengawaki daerah-daerah yang agak jauh dari perkotaan," katanya. 

Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi, mengatakan, dukungan kepada TNI AU itu masih dalam tahap pembicaraan antara pemerintah dan DPRD. 

Ia mengatakan rencana pengembangan itu memang perlu persiapan dan koordinasi sehingga bisa terlaksana. 

"Untuk penentuan lokasi dan lain-lain, karena ini perlu pembiayaan yang besar sehingga perlu ada perencanaan ke depan lebih baik sehingga bisa mendapat tempat bagus untuk teman-teman dari lanud," katanya. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar