Translate

Dinas Pariwisata Mimika Latih Pemandu Wisata Alam Tracking Hutan Mangrove, Sebagian Besar Anak-Anak Papua

Bagikan Bagikan
Foto bersama Asisten 1 Setda Mimika Yulius Sasarari bersama Panitia Pelaksana dan Peserta Pemandu Wisata Alam Tracking Hutan Mangrove (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika melatih pemandu wisata alam tracking hutan mangrove yang berlangsung selama 3 hari, mulai Senin (22/11/2021) sampai Rabu (24/11/2021), bertempat di hotel Grand Tembaga Timika, Papua.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan kepada peserta agar mampu menguatkan kemampuan SDM di bidang pariwisata.

Pejabat Pelaksanaan Teknis Kegiatan (PPTK), Yeni Yuliananda menjelaskan bahwa peserta yang dilatih menjadi pemandu wisata merupakan para pelajar dari tingkat SMA/K dengan jurusan Bahasa Inggris.

"Jadi mereka akan dilatih bagaimana caranya menjadi pemandu yang baik. Mereka akan dibekali dengan kemampuan pemandu, karena selain materi, mereka juga akan langsung melakukan simulasi di lokasi. Kita sengaja memilih pelajar yang mengambil jurusan Bahasa Inggris supaya mereka lebih cepat dilatih untuk memandu wisatawan apalagi wisatawan dari  luar Indonesia (Turis)," terangnya.

Sebagian besar peserta yang dilatih untuk menjadi pemandu wisata adalah anak-anak Papua, lanjut Yeni, sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan SDM Papua di bidang Pariwisata.

Ke depan, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika juga akan membentuk himpunan Pemandu Pariwisata.

"Di daerah lain itu ada himpunan pemandu wisata, di Timika belum ada makanya kita mau bentuk dan peserta yang kita latih hari ini akan masuk dalam himpunan tersebut. Ketika ada wisatawan datang, mereka siap kita pakai sebagai pemandu wisata," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten 1 Setda Mimika, Yulius Sasarari mengatakan, pelatihan pemandu wisata alam tracking hutan mangrove merupakan wujud nyata dari Pemerintah Kabupaten Mimika dalam memberikan pelatihan kepada pramuwisata di destinasi pariwisata dalam mempertahankan dan mempromosikan pariwisata di Kabupaten Mimika.

"Kita berharap dengan adanya pelatihan ini, para pemandu wisata diberikan kesempatan untuk berkompeten di  tingkat daerah sebagai upaya dalam meningkatkan mutu  dan pelayanan yang ada di destinasi pariwisata. Kita juga berharap semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik untuk dapat mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Mimika," terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar