Translate

Genjot PAD Mimika di Sektor Perikanan, Dinas Perikanan Gelar Sosialisasi Perda dan Perbup Retribusi

Bagikan Bagikan
Dinas Perikanan Kabupaten Mimika saat mensosialisasikan Perda dan Perbup Mimika terkait penarikan retribusi kepada pengusaha di sektor perikanan (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Minimnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dihasilkan dari sektor perikanan, Dinas Perikanan Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati Mimika yang mengatur tentang penarikan retribusi.

Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Antonius Welerubun mengungkapkan, sebetulnya peraturan-peraturan tentang penarikan retribusi sudah disosialisasikan sebelumnya, namun masih terjadi perbedaan tafsir, sehingga banyak para pelaku usaha yang tidak tertib membayar retribusi.

"Hari ini kita sosialisasikan 4 Perda dan Perbup Mimika kepada para pengusaha di Sektor Perikanan, kepada Sabandar, serta pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat," ungkapnya usai kegiatan sosialisasi, Kamis (18/11/2021).

Selama ini, lanjut Anton, pendapatan dari sektor perikanan belum digali secara maksimal. Penerimaan masih dari retribusi parkir, es batu, sewa aset perikanan, sedangkan retribusi dari produksi ikan masih sangat minim.

"Dengan adanya aturan tersebut setiap kapal yang masuk dan ingin melakukan pelelangan baik itu secara tertutup maupun terbuka, wajib membayar retribusi," terangnya.

Dalam Ketentuannya setiap kapal atau hasil laut lainnya yang didaratkan, disalurkan, digunakan, dan diperjualbelikan untuk tujuan komersial di daerah harus melalui tempat pelelangan ikan.

Ikan hasil laut lainnya yang dikirim ke luar daerah untuk tujuan komersial tanpa melalui proses lelang karena pertimbangan mutu harus dengan surat persetujuan kepala instansi yang berwenang dengan ketentuan tetap dikenakan retribusi tempat pelelangan ikan.

Sementara itu, patokan harga ikan yang ditetapkan adalah harga berbagai jenis ikan laut yang didaratkan di Kabupaten Mimika wajib dikenakan retribusi.

Adapun Perda dan Perbup Mimika yang disosialisasikan Dinas Perikanan adalah peraturan daerah Kabupaten Mimika nomor 5 tahun 2020 tentang retribusi tempat pelelangan ikan, peraturan daerah (Perda) Kabupaten Mimika nomor 4 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan daerah Kabupaten Mimika nomor 30 tahun 2010 tentang retribusi izin usaha perikanan, Peraturan Daerah Kabupaten Mimika nomor 7 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan daerah Kabupaten Mimika nomor 23 tahun 2010 tentang retribusi pemakaian kekayaan daerah, dan Perbup Mimika nomor 29 tahun 2021 tentang penetapan harga patokan ikan tarif lelang tertutup dan kuota ikan untuk kebutuhan daerah di tempat pelelangan ikan Kabupaten Mimika.

"Hasil sosialisasi tadi, para pelaku usaha dari sektor perikanan sepakat bahwa mereka akan tertib membayar retribusi berdasarkan peraturan yang berlaku," terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar