Translate

Harga Gas Elpiji di Mimika Naik, Berikut Harga Ecerannya

Bagikan Bagikan
Plt. Kepala Disperindag Kabupaten Mimika, Petrus Pali Ambaa (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Harga Liquefied Petroleum Gas (LPG) atau sering disebut Elpiji di Kabupaten Mimika mengalami kenaikan.

Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, Petrus Pali Ambaa saat ditemui di salah satu Hotel di Timika, pada Selasa (16/11/2021), menyampaikan penyebab tingginya harga gas elpiji lantaran sewa kontainer juga melambung tinggi.

Kenaikan harga sewa kontainer tersebut mencapai 180 persen.

“Tadi kami sudah rapat di kantor Disperindag dengan pihak shipper (pengangkut) dan agen gas elpiji di Timika bahwa harga sewa satu kontainer dari Makassar sebelum kenaikan Rp 8.500.000 per satu container dan setelah kenaikan sekarang sewa satu container Rp 24.000.000 sehingga ini yang menyebabkan harga gas elpiji di Timika ikut naik,” ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa sudah disepakati untuk harga eceran gas elpiji tidak melebihi Rp 285.000.

“Kita sudah diskusikan dengan para distributor dan sepakat tidak boleh lagi menaikan harga, dan distributor juga harus menekan para pengecer untuk tidak lagi menaikan harganya cukup di harga Rp 285 ribu," tegasnya.

Ia menambahkan, di Kabupaten Mimika belum ada kebijakan terkait konversi minyak tanah ke gas Elpiji.

"Belum ada kebijakan terkait hal tersebut lantaran masih banyak yang menggunakan kompor minyak tanah. Kita masih berikan peluang untuk menggunakan minyak tanah kecuali jatah minyak tanah sudah hilang baru kita ambil kebijakan konvensi minyak tanah ke gas Elpiji," ungkapnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar