Translate

Meskipun Kasus Covid-19 Menurun, Mimika Tetap Ikut Instruksi Mendagri PPKM Level 3

Bagikan Bagikan
Wabup Mimika, Johannes Rettob (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika tetap menerapkan PPKM level 3 mengikuti instruksi Mendagri nomor 62 tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada saat Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan, meskipun kasus Covid-19 di Mimika terus menurun namun Pemkab Mimika tetap menerapkan instruksi Mendagri tersebut.

Pada perayaan Natal 2021 nanti, rumah ibadah dibatasi 50 persen sedangkan malam Tahun Baru 2022 tidak ada perayaan seperti pawai dan sejenisnya.

Berdasarkan instruksi Mendagri tersebut, ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN, dan pegawai BUMD dilarang mengambil cuti.

"Kita mengikuti karena itu untuk mengurangi penyebaran Covid-19 pada hari raya Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022," kata Wabup saat ditemui di Puspem Kabupaten Mimika, Senin (29/11/2021).

Menurut John, ASN boleh mengambil cuti namun dengan syarat hanya di dalam daerah bukan untuk keluar daerah.

"Boleh mengambil cuti tapi hanya untuk di dalam daerah saja bukan keluar daerah. Di Pemda kita akan tekankan kepada para pimpinan OPD agar tidak memberikan cuti kepada ASN yang ingin mengambil cuti, kecuali kepada mereka yang memang punya urusan yang urgent," ujarnya.

Sementara terkait penerapan penerbangan masuk Timika tetap menggunakan hasil tes Antigen.

"Kalau keluar daerah yah tergantung permintaan daerah tujuan, tapi masuk Timika cukup dengan antigen," kata Wabup.

Di samping itu Wabup mengungkapkan, kasus Covid-19 di Mimika tersisa 13 kasus aktif.

"Perkembangan kasus Covid-19 di Mimika sangat rendah. Dalam seminggu perkembangan kasus hanya 1 pasien. Saya melihat vaksin ini sangat membantu menurunkan penyebaran Covid-19, hanya saja kita sesalkan vaksinasi sekarang berkurang dan paling tinggi 150 perhari. Dulu satu hari seribu lebih, tapi kita akan evaluasi kembali mengapa hal ini sampai terjadi," terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar