Translate

Mimika Gelar Sosialisasi Pengarsipan Dokumen Daerah

Bagikan Bagikan
Situasi pelaksanaan kegiatan (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika mensosialisasikan arsip dinamis di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Mimika, Selasa (30/11/2021).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Jacob Toisuta menjelaskan, tujuan dari sosialisasi tersebut untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dalam rangka mewujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen pemerintahan.

Juga untuk meningkatkan kesadaran terhadap arti pentingnya arsip sebagai bukti akuntabilitas dan penyelamatan aset serta mendukung proses pengambilan keputusan bagi organisasi.

"Jadi ini kita mau menata kembali kearsipan di setiap SKPD, termasuk Distrik dan Kelurahan sesuai dengan aturan, supaya besok-besok ada persoalan-persoalan atau dokumen-dokumen yang diminta itu kita tidak kelabakan atau susah," ungkap Jacob.

Dinas Perpustakaan akan membangun depot Arsip untuk menampung semua arsip yang ada di Pemerintahan Kabupaten Mimika.

"Depot arsip itu supaya saat pemerintah hendak melawan siapapun kita punya dokumen yang lengkap. Selama ini kalau ada masalah kita tidak punya dokumen yang lengkap dan depot Arsip menjadi jawabannya. Depot arsip itu harusnya berdiri sendiri dari pada perpustakaan, harus punya gedung sendiri, dan gedung itu harus betul-betul steril, tidak boleh sembarang orang masuk di situ," terangnya.

Depot  arsip tersebut baru dalam proses perencanaan yang akan diusulkan pada tahun anggaran 2022.

Sementara itu Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Yulius Sasarari mengatakan bahwa pentingnya arsip dalam kehidupan bangsa dan bernegara menjadi tolok ukur keberhasilan pemerintah terutama dalam perkembangan daerah saat ini.

Menurut Mantan Inspektorat Kabupaten Mimika itu, kearsipan memegang peran yang sangat penting karena para penyelenggara pemerintahan ketika dihadapkan pada suatu persoalan apalagi hal tersebut telah lalu dan berlangsung lama maka yang dilihat pertama kali adalah arsip.

"Arsip yang tertib baik dan tersusun dengan rapi tentu akan memudahkan kita dalam melihat dan meninjau kembali pekerjaan dan dokumen yang telah kita lakukan. Oleh karena itu arsip merupakan dokumen penting yang harus dijaga karena merupakan arsip yang suatu saat akan dipergunakan dalam administrasi perkantoran," terangnya. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar