Translate

Sail Teluk Cenderawasih Libatkan Sembilan Kabupaten dari Dua provinsi

Bagikan Bagikan

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap didampingi Staf Ahli Menteri PPN-Bapenas Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrakstruktur Dr. Velix Vernando Wanggai. (Foto-Antara)

SAPA (BIAK)
- Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua terus berkoordinasi dengan jajaran kementerian terkait di Jakarta untuk pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 yang akan melibatkan sembilan kabupaten dari dua provinsi Papua dan Papua Barat. 

Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap melalui subag humas Biak. Kamis mengatakan, salah satu  upaya sedang digencarkan pemerintah daerah melakukan rapat konsultasi dengan melibatkan kementerian dan lembaga terkait di Jakarta guna mendukung penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih. 

Sesuai dengan rencana pelaksanaan STC akan dilakukan akhir bulan Oktober 2023 dan tinggal menunggu penandatanganan draf Inpres yang telah diajukan kepada  Presiden Joko Widodo. 

Kegiatan  rapat konsultasi agak berbeda dengan sebelumnya, kalau selama ini hanya Pemerintah Kabupaten Biak Numfor yang cukup gencar melakukan komunikasi dan diskusi di kementerian serta lembaga terkait maka rapat koordinasi 17 November 2021 di Jakarta dihadiri langsung perwakila Pemerintah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.  

Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Provinsi Papua Dr Muhammad Musa'ad dan Kepala Dinas Pariwisata Papua Barat Yusak Wabiya juga hadir langsung dalam rapat konsultasi persiapan pelaksanaan ivent pariwisata internasional itu. 

Kehadiran kedua pejabat dari kedua provisi di tanah Papua itu menandakan bahwa rencana pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih akan melibatkan langsung dua provinsi. 

Dalam rapat konsultasi dengan kementerian terkait di Jakarta masing-masing kepala daerah memaparkan potensi unggulan sumber daya alam daerah setempat. 

Tiga Bupati yang secara langsung menyampaikan potensi unggulan daerah untuk mendukung penyelenggaraan SRC 2023 di antaranya Biak Numfor Herry Ario Naap,  Bupati Kepulauan Yapen Tony Tesar serta bupati Manokwari  dan perwakilan kabupaten lainnya. 

Selain kepala daerah, masing-masing kementerian terkait juga melakukan pemaparannya terkait dengan rencana dan kebijakan serta dukungan mereka dalam mensukseskan rencana pelaksanaan STC tersebut.  

Rapat konsultasi yang dibuka Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur Dr Velix Vernando Wanggai sekaligus memimpin sesi diskusi. 

Dalam rapat konsultasi dihadiri juga anggota DPR RI dapil  Papua Yan Permenas Mandenas, sejumlah perwakilan kementerian terkait seperi Kementerian PUPR, Kemenparekraf, deputi I staf khusus Presiden, deputi staf khusus Wapres. 

Keterlibatan dua provinsi ini karena direncanakan dalam Sail Teluk Cenderawasih nantinya akan melibatkan langsung sembilan kabupaten (6 kabupaten di Provinsi Papua dan tiga kabupaten di Provinsi Papua Barat).  

Sembilan kabupaten yang akan terlibat dalam Sail Teluk Cenderawasih 2023 di antaranya Kabupaten Biak Numfor, Kepulauan Yapen, Waropen, Nabire, Supiori, Mamberamo Raya, Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Teluk Wondama. 

"Rapat konsultasi yang kami lakukan ini adalah bentuk keriusan persiapan. Selama ini Kabupaten Biak Numfor cukup serius mendorong terlaksananya Sail Teluk Cenderawasih karena akan memberikan multi efek ekonomi warga dan terhadap kemajuan daerah,”ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap. 

Dikatakan, ivent bertaraf internasional Sail Teluk Cenderawasih) agak unik karena melibatkan dua provinsi dan sembilan kabupaten yang lebih fokus pada peningkatan dan pemberdayaan masyarakat  di wilayah Teluk Cenderawasih khususnya dan tanah Papua umumnya. 

Herry Ario Naap juga mengatakan, pelaksanaan STC akan mulai didengungkan pada tahun 2022 dengan festival Teluk Cenderawasih  yang akan star di Biak dan finish tanggal 5 Februari 2022 di Mansinam Manokwari. 

“Sesuai dengan rencana setelah festival Teluk Cenderawasih, akan dilanjutkan dengan puncak pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih yang akan direncanakan akhir tahun 2023,”ungkapnya. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar