Translate

TNI Buka Palang Akses Jalan Trans Papua

Bagikan Bagikan

Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang. (Foto-Antara)

SAPA (WAMENA)
- Personel dan Komandan TNI dari Kodim 1702 Jayawijaya bersama kepolisian dan Penjabat Bupati Yalimo, Provinsi Papua berhasil membuka akses palang Jalan Trans Papua untuk kelancaran perekonomian warga. 

Akses jalan dilakukan pendukung calon bupati dan wakil bupati sejak 29 Juni 2021 sebagai aksi protes hasil pemilihan pilkada. 

Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang di Wamena, Jumat, membenarkan pemalangan Jalan Trans Papua berlangsung selama 129 hari sehingga mengakibatkan sejumlah kendaraan pengangkut kebutuhan pokok tidak bisa melintas. 

"Pembukaan palang menggunakan alat berat excavator serta memindahkan alat berat excavator yang digunakan oleh masyarakat untuk memalang jalan," katanya. 

Dandim mengatakan sebelum dilakukan pembukaan palang, pihaknya melakukan negosiasi dengan masyarakat terkait dampak dari pemalangan yang mengakibatkan suplai kebutuhan pokok terhambat. 

"Kami memberikan penjelasan bahwa pemalangan mengakibatkan harga kebutuhan pokok di sembilan kabupaten melonjak tajam serta sebentar lagi umat nasrani memasuki hari raya sehingga perlu normalisasi jalur Trans Papua ini, guna kelancaran transportasi logistik dan bahan bangunan," katanya. 

Pembukaan palang berjalan lancar dan aman serta mendapat dukungan sebagian besar masyarakat di Ibu Kota Kabupaten Yalimo. 

"Setelah palang ini dibuka, 257 kendaraan dan 917 awak kendaraan serta penumpang yang tertahan di Yalimo langsung bisa bergerak menuju Kabupaten Jayawijaya dan beberapa kabupaten di pegunungan tengah Papua," katanya. 

Arif Budi Situmeang menyampaikan terimakasih kepada masyarakat atas pengertian dan mengizinkan pembukaan palang. Ia berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersamaan. 

"Perbedaan politik adalah biasa. Jangan perbedaan itu kita jadikan alasan untuk mengganggu fasilitas umum. Mari merajut kembali kebersamaan dan persaudaraan dalam damai jelang masa Raya Natal yang tinggal sebentar lagi," katanya. 

Pemerintah dan masyarakat Yalimo melalui Penjabat Bupati Yalimo, Ribka Haluk menyampaikan terimakasih kepada TNI/polri yang bersusah payah memperbaiki jembatan yang dirusak serta membuka palang jalan. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar