Translate

TNI-Polri di Mimika Siaga Jelang Natal dan Tahun Baru

Bagikan Bagikan
Situasi pelaksanaan apel siaga (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – TNI-Polri menggelar apel siaga dalam rangka pengamanan menyambut perayaan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Wakapolres Mimika, Kompol Sarraju,S.H selaku inspektur apel gabungan menyampaikan bahwa apel siaga merupakan hal yang biasa dilakukan setiap tahun, karena ketika memasuki bulan Desember, banyak dinamika kegiatan masyarakat. 

Dinamika dimaksud adalah dikarenakan di Papua rata-rata masyarakat merupakan umat Kristiani, sehingga akan banyak kegiatan masyarakat, baik merencanakan, mempersiapkan hingga perayaan Natal dan tahun baru. 

Dengan demikian, sebagai aparat keamanan di Mimika memiliki tanggungjawab untuk memastikan agar seluruh aktivitas masyarakat bisa berjalan aman dan lancar.

Sebagai aparat keamanan harus memastikan bahwa tidak ada gangguan-gangguan yang kemudian menimbulkan rasa ketakutan. Bahkan secara prinsip dikatakan bahwa situasi dalam keadaan tidak aman.

“Ini tentunya hal biasa yang sering kita lakukan dari tahun ke tahun. Namun kebiasaannya saat memasuki bulan Desember, terjadi peningkatan kegiatan. Kegiatan-kegiatan itu tentunya ada yang baik atau normal, tapi ada juga kemungkinan sebagian pihak yang melakukan hal-hal yang sifatnya mengganggu ketertiban, melanggar hukum dan kemudian bisa memberi pengaruh terhadap terjadinya gangguan di sekala aspek. Inilah yang perlu kita antisipasi.  Sebagai aparat kita harus pastikan bahwa situasi menjelang serta  pelaksana Natal dan Tahun Baru aman, ” ungkap Kompol Saraju di halaman kantor pelayanan Polres Mimika di jalan Cendrawasih, Senin (30/11/2021).

Sementara itu, Kasdim 1710/Mimika, Mayor Inf. Ahmadi Arif mengatakan bahwa unsur TNI siap mendukung Polri dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang harmonis. TNI-Polri telah membuktikan pelaksanaan PON dan Pesparawi serta Konferensi Kingmi bisa berjalan dengan aman.

TNI-Polri harus kerjasama agar tidak ada kerisauan di tengah masyarakat. Ibu-ibu mengantarkan anak-anak ke sekolah dengan aman. Demikian juga aktivitas masyarakat pada umumnya.

“Kemarin sudah laksanakan rapat koordinasi. Pada dasarnya kami dari unsur TNI siap mendukung unsur Polri sampai nanti perayaan Natal. Mari kita buktikan bahwa kita mampu dan siap menciptakan situasi yang nyaman,” katanya.

Pantuan Salam Papua, apel dilanjutkan dengan pembagian tugas pengamanan dan patroli siang hari dan malam hari. Patroli rutin dilakukan dirangkaikan dengan razia Miras, Sajam serta hal lainnya yang bisa menimbulkan gangguan Kamtibmas. (Acik)



Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar