Translate

Dalam Tahun 2021 Harga Barang di Timika Naik 4 Kali, Berikut Alasannya

Bagikan Bagikan
Rapat Koordinasi antara Pemkab Mimika dengan perusahaan pelayaran dan distributor (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika menggelar rapat koordinasi bersama pihak perusahaan pelayaran yang beroperasi di Pelabuhan Poumako yakni Tanto, Temas dan Spil, serta para Distributor di Ruang rapat Disperindag Mimika jalan poros Sp2-Sp5, Senin (6/12/2021).

Dalam rapat yang dipimpin Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika Yulius Sasarari tersebut terungkap bahwa naiknya harga barang di Mimika disebabkan oleh harga sewa kontainer yang meningkat.

Naiknya harga sewa kontainer ini berlaku di semua jasa pelayaran di pelabuhan Poumako Timika.

Dedy Sumarna perwakilan PT Tanto di Timika mengungkapkan, meningkatnya harga sewa kontainer disebabkan beberapa faktor seperti meningkatkan harga tenaga kerja bongkar muat (TKBM) yang mencapai 40 persen, termasuk meningkatnya harga BBM yang diperuntukan bagi kapal.

"Beranjak dari itu semua makanya harga sewa kontainer meningkat. Kenaikan harga sewa kontainer ini juga berdasarkan keputusan bersama Indonesian National Shipowners Association (INSA) di Surabaya bukan kesepatakan sepihak dan ini berlaku hampir di semua daerah," kata Dedy dalam pertemuan tersebut.

Di samping itu salah satu Distributor PT Sumber Berkat Gembira, Andre mengatakan, dalam tahun 2021 telah terjadi kenaikan harga sebanyak 4 kali.

"Di awal tahun Januari 2021 harga sewa kontainer hanya Rp 10 juta sekarang harga sewa kontainer sebesar Rp 20 juta," terang Andre.

Hal yang sama juga diungkapkan Distributor yang lain.

Asisten 1 Setda Mimika Yulius Sasarari yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mimika segera menindaklanjuti naiknya harga sewa kontainer yang membuat harga barang di Mimika meningkat dan membuat beban masyarakat. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar