Translate

Dinsos Kabupaten Mimika Obati ODGJ di Timika

Bagikan Bagikan
ODGJ di Mimika saat mendapat pengobatan di luar Panti (Foto:SAPA/Jefri) 

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Sosial (Dinsos) bekerjasama dengan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Papua melakukan pengobatan terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Mimika yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna Panti Rehabilitasi Eme Neme Yauware, Jumat (17/12/2021).

Rangkaian pengobatan dimulai dengan penyediaan pembekalan kesehatan di luar panti Dinas Sosial Kabupaten Mimika itu mendatangkan Psikiater pada rumah sakit jiwa Abepura Provinsi Papua, Dr. Izhak Samay.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Dinsos Kabupaten Mimika, Paulus Saile mengatakan, Dinsos hanya menargetkan 15 ODGJ untuk pemberian pengobatan dari 24 ODGJ yang tercatat di Dinsos.

"Kita hanya obati 15 orang sesuai dengan kemampuan anggaran kita. Anggaran kita untuk pengobatan ini hanya sebesar Rp 300 juta yang didorong dalam APBD perubahan tahun 2021. Rencananya anggaran yang ada kita gunakan untuk pengobatan ODGJ di Jayapura tetapi kita berpikir kalau dikirim ke Jayapura palingan kita hanya dapat 2 atau 3 orang. Selain itu rumah sakit jiwa Jayapura saat ini tidak menerima pasien dari luar sehingga kita bangun koordinasi dengan pihak Rumah Sakit Jiwa Jayapura untuk mendatangkan dokter mengobati ODGJ di Mimika," kata Paulus.

Pengobatan ODGJ di luar panti, kata Paulus, merupakan yang pertama kalinya di Kabupaten Mimika, dan akan terus berlanjut.

Dinsos juga merencanakan membangun klinik untuk penanganan ODGJ di Mimika.

"Baru kali ini Dinas Sosial melakukan pengobatan ODGJ di luar panti. Setelah pengobatan ODGJ langsung dikembalikan kepada pihak keluarga," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Jiwa sekaligus Psikiater pada Rumah Sakit Jiwa Jayapura, Dr. Izhak mengungkapkan, ODGJ perlu diperhatikan dan ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Mimika.

Langkah yang dilakukan Dinas sosial Kabupaten Mimika untuk mengumpulkan orang-orang dengan gangguan jiwa merupakan langkah yang sangat baik, namun dia berharap upaya yang telah diambil Dinsos tidak hanya terhenti namun terus berkelanjutan sehingga ODGJ di Mimika dapat ditangani.

"Saya harap Bupati Mimika bersama Dinas Sosial, Dinas Kesehatan harus melihat hal ini dengan serius, sehingga mereka (ODGJ) juga bisa difungsikan seperti manusia pada umumnya," terangnya. (Jefri Manehat)



Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar