Translate

Distrik Kuala Kencana Mimika Berhasil Lakukan Pemetaan Tapal Batas

Bagikan Bagikan
Kepala Distrik Kuala Kencana Septinus Timang (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Dalam tahun 2021 Distrik Kuala Kencana Kabupaten Mimika berhasil melakukan pemetaan tapal batas serta pemetaan 8 kampung dan 2 kelurahan.

Kepala Distrik Kuala Kencana, Septinus Timang mengungkapkan bahwa penyusunan peta dasar sudah dilakukan dan dipresentasikan.

"Tahun ini kita lakukan penyusunan peta untuk mendapatkan gambaran awal, tahun depan kita dorong untuk pembuatan PT Digital. Selanjutnya didorong untuk dibuat peraturan Bupati (Perbup) untuk penegasan tapal batas. Setelah ada Perbup, kita langsung turun lapangan pasang patok sebagai titik koordinat yang menandakan batas wilayah," kata Septinus kepada Salam Papua, Kamis (16/12/2021).

Berdasarkan hasil survei tim lapangan, wilayah Distrik Kuala Kencana seluas 22,643,99 hektare.

Septinus mengatakan, Distrik Kuala Kencana merupakan Distrik yang pertama melakukan pemetaan tapal batas wilayah kampung dan kelurahan. Masalah tapal batas ini menjadi kerinduan dari masyarakat, para kepala kampung dan kepala Lurah.

"Penyusunan peta ini kami libatkan langsung kepala kampung, kelurahan termasuk tokoh masyarakat. Kami juga dibantu pihak konsultan PT. Geospasial dan dalam penyusunan tersebut kami turun langsung melihat titik koordinatnya, sehingga gambaran awal untuk mendapat peta dasar sudah ada dan sudah di presentasikan," ujarnya.

Hasil studi atas survei lapangan yang dilakukan, kedelapan kampung dan dua kelurahan di wilayah Distrik Kuala Kencana telah menyetujuinya.

"Tapi kita akan berikan materi kepada setiap kampung dan kelurahan untuk dipelajari kembali apakah wilayahnya bergeser atau tidak. Kita juga akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat, baik yang ada di tingkat kampung maupun tingkat kelurahan, sehingga mereka bisa mengetahui wilayah administrasi pelayanan di setiap kampung dan kelurahan," tuturnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar