Translate

Kado Natal, Pemkab Mimika Terangi 5 Kampung di Pesisir

Bagikan Bagikan

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob didampingi Kepala PLN Timika Martinus Irianto Pasensi dan Kepala Distrik Amar meresmikan Listrik di 5 kampung. (Foto: Istimewa)


SAPA (TIMIKA)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Mimika bekerjasama dengan PT PLN Persero di Timika menerangi 5 kampung di wilayah pesisir yakni Kampung Ipiri, Paripi Yaraya (Ipaya) di Distrik Amar serta kampung Aindua dan Kampung Tapormai Distrik Mimika Barat Jauh.

Sebagai kado Natal tahun 2021, Johannes Rettob Wakil Bupati Mimika meresmikan balai kampung Ipiri serta meresmikan pemusatan launching 3 listrik desa Ipiri, Paripi, Yaraya (Ipaya) Distrik Amar, serta Aindua dan Tapormai Distrik Mimika Barat Jauh, pada Selasa (28/12/2021).

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan 5 kampung  yang diterangi pada penghujung tahun 2021 sebagai kado Natal bagi  masyarakat 5 kampung di wilayah pesisir.

"Seperti janji saya wilayah pesisir di tahun ini diterangi listrik, kita berharap tahun depan (2022) semua kampung sudah terang," ungkap Wabup.

Kesempatan yang sama Wakil Bupati Mimika juga meresmikan Balai Kampung Ipiri Distrik Amar.

Balai kampung tersebut dibangun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika pada tahun 2020 lalu namun belum dilakukan serahterima kepada pihak kampung.

Dengan fasilitas yang dibangun Pemkab Mimika Wabup mengatakan Ipaya akan didorong sebagai daerah tujuan wisata.

"Pelan- pelan kita dorong Ipaya sebagai tujuan wisata di Mimika, sementara perencanaan wisata Ipaya masih dalam studi dengan Unicef," kata Wabup.

Wabup menegaskan kepada seluruh masyarakat pesisir agar menjaga fasilitas yang telah dibangun Pemkab Mimika.

Disamping itu Kepala PLN Timika Martinus Irianto Pasensi juga mengimbau agar apa yang sudah dibangun oleh pemerintah bersama PLN dapat dijaga oleh masyarakat setempat selaku pengguna sehingga pemanfaatannya bisa semaksimal mungkin dalam memberikan dampak yang positif bagi perekonomian masyarakat.

Diterangkan, sejalan dengan perkembangan zaman kebutuhan listrik tersebut bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder melainkan menjadi kebutuhan primer Dimana semua aspek kehidupan saat ini membutuhkan listrik.

Tantangan besar dalam pembangunan penerangan di wilayah pesisir namun komitmen PLN akan terus berupaya untuk Mimika terang.

Sementara itu Albert Tsolme selaku Kepala Distrik Amar mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Mimika bersama PLN akhirnya 3 kampung yakni Ipiri, Paripi dan Yaraya bisa terang.

"Ini sangat luar biasa, akhirnya bisa terang. Selama ini Ipaya berada dalam kegelapan, namun sekarang kampung Ipaya menjadi terang dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)," ujarnya.

Albert mengatakan masyarakat Ipaya sangat bangga dengan adanya perhatian yang serius dari Pemerintah Kabupaten Mimika.

"Kami masyarakat Ipaya sangat bangga atas perhatian Pemerintah Kabupaten Mimika yang begitu luar biasa.  Dalam tahun ini ada 3 pembangunan yang dapat dirasakan oleh masyarakat Ipaya yakni  Gedung Puskesmas baru, Balai Kampung baru dan Kampung terang," terangnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar