Translate

Pemkab Mimika Resmikan 3 Puskesmas di Wilayah Pesisir

Bagikan Bagikan
Gedung Puskesmas Ipaya Distrik Amar yang dibangun Pemkab Mimika melalui dinas kesehatan (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), Selasa (14/12/2021), meresmikan 3 Puskesmas di wilayah Pesisir yakni Puskesmas Ipaya yang dibangun di Kampung Ipiri Distrik Amar, Puskesmas Tapermai Distrik Mimika Barat Jauh dan Puskesmas  Mapar Distrik Mimika Barat Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan bahwa ketiga Puskesmas tersebut sebagai Kado Natal bagi masyarakat di wilayah pesisir Mimika.

Ia menjelaskan, 3 Puskesmas tersebut dibangun Pemkab Mimika melalui Dinas Kesehatan sejak tahun 2020 lalu dan anggaran pembangunannya fluktuatif. Puskesmas Ipaya dibangun dengan nilai sebesar Rp 10 Miliar, Puskesmas Mapar dibangun dengan nilai sebesar Rp 11 Miliar dan Puskesmas Tapermai dibangun dengan nilai sebesar Rp 15 Miliar.

"Pembangunan ketiga Puskesmas ini membutuhkan nilai yang sangat besar karena untuk mobilisasi barang, apalagi pada saat pembangunan bertepatan dengan pandemi Covid-19," terang Rey.

Dijelaskan, pembangunan Puskesmas ini merupakan tindak lanjut dari harapan masyarakat. Selama ini masyarakat sangat sulit mengakses layanan kesehatan lantaran faktor geografis makanya Dinas Kesehatan berjuang keras agar bisa membangun fasilitas yang layak dengan gedung Puskesmas yang baik.

"Jika gedung Puskesmas telah dibangun tentunya layanan juga kita tekankan agar lebih maksimal. Setiap Puskesmas Dinas Kesehatan menempatkan tenaga medis, Dokter juga tenaga ASN. Kita juga upayakan membangun rumah bagi petugas sehingga mereka betah di tempat tugas," ungkapnya.

Menurut Reynold, dengan adanya pembangunan Puskesmas tersebut menunjukkan bahwa ada kemajuan di wilayah pesisir. Di tahun berikutnya Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika akan concern membangun fasilitas kesehatan dan memperbaiki layanan kesehatan di wilayah pegunungan.

"Kita berharap dengan adanya pembangunan gedung baru ini pelayanan kesehatan lebih baik dan sebagai masyarakat harus mendukung dan menjaga fasilitas yang ada untuk pelayan yang berkelanjutan," ujarnya.

Sementara Sekda Mimika Michael Gomar yang meresmikan fasilitas kesehatan tersebut mengatakan bahwa gedung Puskesmas yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kesehatan itu merupakan Puskesmas modern yang berhasil dibangun di wilayah pedalaman.

"Puskesmas dengan Gedung modern yang dibangun di Kampung ini adalah pertama yang ada di Papua, bahkan gedung Puskesmas ini sama bagusnya dengan gedung Puskesmas yang ada di wilayah kota. Masyarakat harus bersyukur dengan menjaga fasilitas yang telah dibangun," kata Sekda.

Mantan Kepala Distrik Amar itu juga berharap dengan adanya fasilitas kesehatan yang modern, petugas kesehatan juga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Mimika akan terus memperhatikan masyarakat, namun itu akan diberikan secara bertahap," kata Sekda.

Peresmian 3 Gedung Puskesmas tersebut secara simbolis dilakukan di Puskesmas Ipaya Distrik Amar yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekda Mimika yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra dan Kepala Distrik Amar. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar