Translate

Ribuan Barang Bukti Tindak Pidana Umum Dimusnahkan Kejari Timika, Paling Banyak Miras

Bagikan Bagikan
Situasi pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana oleh Kejaksaan Negeri Timika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika memusnahkan sebanyak 2.199 barang bukti tindak pidana umum yang berhasil disita sejak bulan Januari hingga Desember 2021 dan telah mempunyai Kekuatan Hukum Tetap (Inkrach).

Kepala Kejari Mimika, Sutrisno M.U mengatakan bahwa barang bukti yang dimusnahkan ini terkait 31 perkara tindak pidana, baik yang terkait dengan Undang-undang Darurat, UU Perdagangan, UU Pangan, UU Narkotika dan UU Kesehatan.

Untuk yang UU Narkotika sebanyak 10 perkara dengan barang bukti yang dimusnahkan berupa sabu-sabu sebanyak 1,17 gram, Ganja 1,82 gram, dan tembakau sintetis sebanyak 1,05 gram.

“UU narkotika itu dari 10 perkara, UU Pangan 7 perkara, UU  Perdagangan 1 perkara, UU pencurian 1 perkara, penganiayaan 1 perkara, kesehatan 3 perkara dan UU Darurat sebanyak 4 perkara. Ini sebagai upaya penegakan hukum, seusai perintah Kejagung bahwa harus menggunakan hati nurani guna memenuhi keadilan, kepastian hukum dan pemanfaatan. Dengan demikian, dalam penegakan hukum harus ada acuan dengan tetap memberi keadilan bagi para pelaku serta kemanfaatannya,” kata Sutrisno, Senin (6/12/2021).

Dijelaskan bahwa ada juga barang bukti yang belum dapat dimusnahkan lantaran perkaranya sementara dalam proses persidangan atau belum mendapatkan putusan pengadilan.

“Tapi kalau perkaranya sudah ada putusan, maka barang buktinya kita musnahkan. Saat ini untuk barang bukti yang paling banyak kita musnahkan adalah yang terkait dengan UU perdagangan yaitu Miras,” jelasnya.

Pantauan Salam Papua, ratusan botol Miras, kosmetik kemasan botol dimusnahkan dengan cara digilas alat berat. Barang bukti berupa ratusan liter minuman keras lokal (Milo) yang dikemas salam jerigen ditumpahkan ke selokan pembuangan air. Sedangkan barang bukti berupa alat komestik dan kemasan kertas serta plastik dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Barang bukti ini didapat atas hasil kerjasama  Kepolisian, BNNK dan BPOM Timika,” katanya.

Pemusnahan barang bukti tindak pidana umum ini disaksikan Kasat Res Narkoba Polres Mimika, AKP Mansyur, Kepala BNNK Mimika, Kompol Mursaling, perwakilan Loka POM serta pejabat tinggi lain Kejari Timika. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar