Translate

Terkendala Masalah Lahan dan Masterplan, Dana BLK Mimika Miliaran Rupiah Tertunda

Bagikan Bagikan
Santy Sondang (Dok:SAPA) 

SAPA (TIMIKA) - Bantuan Anggaran  dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kepada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemerintah Kabupaten Mimika untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK) ditunda.

Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Mimika, Santy Sondang mengungkapkan, salah satu bentuk persyaratan bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk membangun BLK adalah Pemerintah Kabupaten Mimika harus menyediakan lahan dan membuat dokumen masterplan.

Santy kepada wartawan, Selasa (21/12/2021) menerangkan bahwa lahan yang dipersiapkan sebagai persyaratan belum diakomodir Dinas Pemukiman Kawasan dan Pertanahan Kabupaten Mimika sehingga Pemerintahan Pusat belum mencairkan anggaran tersebut.

"Dokumen masterplan juga belum disusun. Sebenarnya penyusunan dokumen masterplan sudah di anggarkan pada APBD perubahan  kemarin, namun karena waktu yang tidak mencukupi untuk dilakukan pelelangan makanya kita alihkan di tahun anggaran 2022," ungkap Mantan Sekretaris Bappeda tersebut.

Sementara itu bangunan BLK yang lama, hingga kini belum ada penyelesaian.

Santy menjelaskan Disnakertrans Kabupaten Mimika telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pemilik lahan namun belum juga ada jalan keluar.

"Sudah tiga kali kita melakukan pertemuan dengan pemilik lahan tetapi belum ada titik temu. Mereka minta kita bayar lagi, tapi kita tidak bisa bayar lahan lagi karena Pemerintah sebetulnya telah membayar lahan tersebut, namun yang menjadi kendala kita saat ini adalah tidak memiliki bukti pembayaran tersebut. Kita tidak tahu bukti pembayaran itu ada pada siapa karena masalah ini sudah terjadi sejak pemimpin sebelumnya," kata Santy.

Ia menambahkan, bantuan Pemerintah Pusat kepada Disnakertrans Kabupaten Mimika untuk membangun BLK diberikan bertahap. Pada tahan pertama Pemerintah Pusat memberikan Rp 100 Miliar.

Diberitakan Salam Papua sebelumnya, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika mendapat bantuan senilai Rp 400 Miliar untuk membangun balai latihan kerja (BLK). (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar